news
LIGA INGGRIS
Cetak Gol Ke-50, Winger Man. City Ini Dinilai Belum Bisa Gantikan Sane
05 December 2019 13:25 WIB
berita
Penyerang sayap Man. City Riyad Mahrez masuk dalam daftar elite pemain Afrika di Liga Primer setelah mampu mencetak 50 gol di kompetisi tersebut.
BURNLEY – Satu gol yang dibuat Riyad Mahrez saat membantu Manchester City FC menang 4-1 atas Burnley FC, Selasa (3/12) lalu, memiliki arti penting. Tambahan satu gol membuatnya kini mengoleksi 50 gol selama berkiprah di Liga Primer.

Gol itu mengantar pria asal Aljazair tersebut sebagai pemain Afrika kesembilan yang mampu mencetak 50 gol atau lebih dalam sejarah Liga Primer. Winger 28 tahun itu juga menjadi pemain Aljazair pertama yang mampu membuat 50 gol dalam sejarah Liga Primer.




Baca Juga :
- Rashford: Semangat Paris Dapat Bangkitkan Manchester United setelah Ditekuk Man City
- Selebrasi Kung Fu Sadio Mane Jiplak Firmino, Fan Liverpool Bereaksi Begini




Meskipun membuat rekor prbadi saat melawan Burnley, performa Mahrez secara keseluruhan untuk Man. City dinilai belum maksimal. Paling tidak itu menurut Nigel De Jong, mantan gelandang Man. City. Menurut pemain asal Belanda tersebut, Man. City kesulitan bersaing di liga musim ini karena berkurangnya daya serang dan lemahnya pertahanan.

Di Liga Primer musim lalu, Leroy Sane 21 kali menjadi starter dan 10 turun dari cadangan. “Ia tidak banyak menjadi pemain inti. Tetapi, saat masuk, Sane selalu mampu memberikan tekanan ekstra untuk lawan,” ucap De Jong yang membela Man City pada 2009-2012. “Musim ini, saya tidak yakin Mahrez sudah mampu menutup celah yang ditinggalkan Sane. Namun, City tidak memiliki banyak opsi di sayap. Jadi, tidak hanya pertahanan yang mengkhawatirkan tetapi secara umum City juga kurang meyakinkan.”


Baca Juga :
- Liverpool Makin Kencang, Begini Klasemen Liga Inggris
- Merujuk Statistik, Kejutan Muncul dalam Tim Terbaik Liga Primer Dekade Ini


De Jong boleh saja memiliki penilaian tersendiri tentang kontribusi Mahrez untuk Man. City. Faktanya nama Mahrez kini sejajar dengan sejumlah nama pemain asal Afrika yang pernah atau tengah bersinar di Liga Primer seperti Dider Drogba, Emmanuel Adebayor, Sadio Mane, Mohamed Salah, hingga Yaya Toure.

“Saya bangga mampu mencetak gol Liga Primer ke-50 bersama City. Lebih bangga lagi karena saya juga menjadi pemain Aljazair pertama yang mampu menembus 50 gol di kompetisi tertinggi Inggris ini,” tutur Mahrez lewan Instagram.

Mahrez kali pertama turun di Liga Primer pada Januari 2014 dengan bergabng ke Leicester City FC dari klub Prancis, AC Le Havre. Mahrez mencetak 39 gol liga untuk The Foxes dalam empat musim. Gol terbanyak Mahrez di Leicester ia buat pada 2015/16, saat Leicester menjuarai Liga Primer, 17 gol dalam 37 pertandingan.

Pada Juli 2018, Mahrez menerima pinangan Man. City. Memasuki musim keduanya untuk The Citizens, Mahrez mampu mencetak 11 gol di Liga Primer dalam 38 pertandingan.*TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER

Pencetak 50 Gol atau Lebih Liga Primer asal Afrika

Didier Drogba 104 (Chelsea), Pantai Gading
Emmanuel Adebayor 97 (Arsenal, Man. City, Spurs, Palace), Togo
Yakubu 95 (Portsmouth, M’Boro, Everton, Blackburn), Nigeria
Sadio Mane 74 (Southampton, Liverpool), Senegal
Mohamed Salah 62 (Liverpool), Mesir
Yaya Toure 62 (Man. City), Pantai Gading
Nwankwo Kanu 54 (Arsenal, West Brom, Portsmouth), Nigeria
Efan Ekoku 52 (Norwich, Milton Keynes), Nigeria
Riyad Mahrez 50 (Leicester, Man. City), Aljazair

 

loading...
T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news