news
LIGA INGGRIS
Spurs Incar Bek Norwich untuk Gantikan Alderweireld dan Vertonghen
05 December 2019 14:20 WIB
berita
Bek tengah Norwich, Ben Godfrey masuk daftar belanja Tottenham pada Januari mendatang./Istimewa
LONDON – Ben tengah Godfrey telah menjadi buruan klub-klub elite Liga Primer sejak masih berjuang membantu Norwich City FC menjuarai Championship (Divisi Dua) musim lalu. Kala itu, bek 21 tahun ini dikaitkan dengan Manchester United FC (MU) dan Liverpool FC. Pada awal 2019/20, Godfrey sempat masuk radar Tottenham Hotspur FC.

Ketertarikan Spurs belum hilang. Pelatih anyar klub London Utara itu, Jose Mourinho, telah meminta klub mewujudkan keinginan tersebut, memboyong Godfrey dari Carrow Road, kandang Norwich. Special One, julukan Mou, ingin Tottenham segera bergerak dan berharap dapat merekrutnya pada bursa transfer Januari nanti.   




Baca Juga :
- Gareth Bale Masuk, Tottenham Diberondong West Ham Tiga Gol, Mourinho Frustasi
- "Kiper Ini Sudah Habis." Bukan Hanya di MU, di Timnas Spanyol pun David De Gea Blunder dan Di-bully Warganet


Sang pelatih merasa kebutuhan Spurs akan bek tengah sangat mendesak. Pasalnya, kontrak dua sosok senior di sektor pertahanan, Toby Alderweireld dan Jan Vertonghen akan habis pada musim panas tahun depan. Mereka pun belum memperlihatkan sinyal ingin melanjutkan komitmennya di Tottenham.

Sampai hari ini Mourinho masih terus berupaya untuk meyakinkan Alderweireld dan Vertonghen agar bersedia memperpanjang kontrak mereka. Akan tetapi pelatih asal Portugal tersebut juga telah menyiapkan langkah antisipasi, dan mendatangkan Godfrey adalah salah satu yang ada di dalam daftarnya. 


Baca Juga :
- Tak Terpakai Lagi, Milan Pinjamkan Diego Laxalt ke Celtic padahal Pelapis Theo Hernandez Belum Ada
- Fan Inter Wajib Catat, Ini Jadwal Pertandingan Pasukan Conte di Fase Grup Liga Champions


Sepanjang 2019/20, bek asal Inggris itu tampil impresif mengawal lini pertahanan The Canaries, julukan Norwich dalam 14 penampilan di kasta tertinggi. Godfrey sosok yang tangguh dalam melakoni duel udara. Dari 27 kesempatan, 16 berhasil dimenangkannya. Ia juga tercatat 37 kali melakukan headed clearance (sapuan bola dengan kepala).

Catatannya bahkan lebih baik jika dibandingkan Alderweireld (27 headed clearance) dan Vertonghen (13 headed clearance). Selain itu, Godfrey juga punya ketenangan serta kemampuan mengorganisasi rekan-rekannya. Ini terbilang fantastis mengingat posisinya sebelumnya adalah gelandang tengah.

“Lihat para bek tengah top, mayoritas dari mereka mulai bermain sebagai gelandang sentral. Gerard Pique, Jerome Boatens, bahkan Rio Ferdinand. Saya yakin Ben (Godfrey) punya potensi menjadi bek tengah tangguh di masa depan,” kata pelatih Norwich Daniel Farke.    

Talenta besar yang dimiliki Godfrey sebagai bek tengah membuatnya disebut-sebut sebagai “Rio Ferdinand Baru”. Seperti Farke, banyak analis di Negeri Ratu Elizabeth meyakini jika Godfrey dapat menjadi bek top seperti legenda Manchester United FC (MU) dan The Three Lions tersebut.

“Ben (Godfrey) tidak hanya tangguh, dia juga piawai memainkan bola. Dia pemain yang bisa Anda percaya dan andalkan. Khususnya saat tim lawan menekan kami dengan intens,” ujar rekan setim Godfrey di Norwich, Carlton Harris.*

 

 

 

 

   

 

 

I
Penulis
I Gede Ardy E