news
UMUM
Timnas Putri Tertahan di Filipina
05 December 2019 08:25 WIB
berita
JAKARTA - Sesuai diprediksi, timnas putri Indonesia belum mampu berbicara banyak pada SEA Games 2019 di Manila, Filipina. Tim asuhan Rully Nere tersebut harus angkat koper lebih cepat.

Itu lantaran Zahra Muzdalifah dan kawan-kawan gagal mengantongi satu pun poin dari dua laga yang dimainkan. Timnas bahkan jadi bulan-bulanan tim tangguh Vietnam, 0-6 dan Thailand (1-5). Hasil ini memang tidak mengagetkan.




Baca Juga :
- Dua Pemain Muda Indonesia Direkrut Tim Spanyol
- Adik Ipar Iwan Bule Bakal Jadi Wakil Sekjen PSSI




Dua lawan timnas tersebut merupakan tim kuat di wilayah Asia Tenggara. Thailand bahkan pernah mencicipi tampil di Piala Dunia wanita. Sebab itu, meskipun gagal meraih poin, Rully Nere, merasa yakin timnya sudah bermain sangat maksimal dan diharapkan memetik banyak pelajaran dari bertemu dengan Vietnam dan juga Thailand. Setidaknya ia yakin gap dengan kedua tim sedikit berkurang.

“Bisa mencetak gol ke gawang Thailand di ajang resmi juga sebuah pencapaian bagus bagi kami. Ini menunjukkan adanya perkembangan,” kata Rully. “Tinggal bagaimana, nantinya pemain-pemain kita diasah dalam kompetisi yang berkesinambungan.”


Baca Juga :
- Prestasi Shin Taeyong, Investasi Miliaran Dolar Korea, dan Perluasan Pasar K-League 2020
- Saddil Ramdani Diperebutkan Tiga Klub Belgia


Para pemain timnas putri SEA Games pun tak bisa disalahkan karena tidak ada prestasi yang instans. Sebab, PSSI baru memulai keseriusannya menggarap fondasi timnas putri pada tahun ini, tepatnya dengan menggelar kompetisi Liga 1 Putri.

Usai SEA Games, Rully menyerahkan masa depannya bersama timnas putri kepada federasi dalam hal ini PSSI. Ia siap bertanggung jawab terkait segala hal kekurangan dan kemajuan timnas dalam sebuah laporan.

Jika terus dipercaya menangani timnas, Rully mengaku sudah memiliki banyak bank data pemain hasil pantauannya dari Liga 1 Putri yang telah memasuki babak semifinal. Sementara terkait kepulangan pemain timnas, dilaporkan bahwa sejumlah pemain timnas wanita yang merupakan bagian dari skuat peserta semifinal (Persib, Arema, Tira Persikabo, dan Persipura) belum bisa bergabung kembali ke klubnya masing-masing.

Mereka masih tertahan di Filipina karena penerbangan balik ke Indonesia mengalami penundaan akibat badai kammuri yang sedang melanda tuan rumah dalam beberapa hari ini. Tira Persikabo yang coba memulangkan beberapa pemain andalannya lebih cepat juga hanya bisa menunggu kabar baik.

“Kami juga sudah mengupayakan buat pemain bisa pulang lebih cepat tapi cuaca di sana sedang buruk,” kata Taufik pelatih, Tira Persikabo Kartini. “Tim berangkat ke Papua hari ini (kemarin). Semoga besok (Kamis) mereka sudah bisa kembali ke tanah air dan melanjutkan perjalanan ke Tolikara buat gabung bersama tim.”*FURQON AL FAUZI

 

 

loading...
R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news