news
LIGA SPANYOL
Ter Stegen “Laba-laba Hitam” Barca
03 December 2019 13:35 WIB
berita
Kiper Barcelona, Marc Andre Ter Stegen tampil memukai di Metropolitano, Minggu (1/12). –Topskor/ist
MADRID – Lionel Messi boleh saja mencuat dengan kegemiliangannya menciptakan gol penentu. Namun kemenangan atas Atletico Madrid di jornada 15 LaLiga 2019/20 sulit rasanya didapatkan tanpa ada penampilan impresif dari Marc-Andre Ter Stegen. Sekali lagi, menjelma ibarat menjadi laba-laba di bawah mistar gawang untuk FC Barcelona.

Ter Stegen adalah “laba-laba hitam” Barca. Julukan yang sebenarnya milik Lev Yashin, kiper terbaik sepanjang masa asal Rusia, dirasa pantas diberikan kepada Stegen. Ia karena ia seolah memiliki banyak tangan atau kaki sehingga dapat melakukan penyelamatan yang tegolong sulit, menghindari klubnya dari kebobolan. Seperti yang ditunjukkannya di Metropolitano, Minggu (1/12) atau Senin dini hari WIB.




Baca Juga :
- Ini Dia Sepuluh Bintang yang Menjuarai LaLiga sebagai Pemain dan Pelatih
- Simeone Pecahkan Rekor Luis Aragones sebagai Pelatih Atletico dengan Kemenangan Terbanyak di LaLiga


Kemarin, Atletico memang tampil berbahaya saat melancarkan serangan. Salah satunya adalah peluang emas dari Mario Hermoso yang menyambar bola dari Joao Felix. Tapi siapa sangka sepakan jarak deakt itu dapat digagalkan Ter Stegen yang melompat. Raut wajah frustasi, terkejut, dan tak percaya pun tidak mampu ditutupi si bek tengah.

Sementara di ujung babak pertama, giliran Alvaro Morata yang dibuat pasrah oleh kiper 27 tahun itu sebab sundulan bebasnya menyambar sepak pojok digagalkan. Selain itu dirinya juga melakukan dua claims sepanjang laga yang membuat nyaman pemain bertahan. Akurasi umpan jadi poin plus lain yakni 91 persen dari 23 operan.


Baca Juga :
- Penalti Panenka Messi Kecoh Oblak, Gol Ke-700 Terukir
- Diego Costa Bunuh Diri & Gagal Penalti, Tapi Barcelona Tidak Bisa Menang


Sejauh musim ini Ter Stegen mempunyai empat clean sheet (tak kemasukan) dari 14 pertandingan yang dilakoninya di La Liga. Ada 16 kebobolan dirasakan, tapi itu tak sepenuhnya kesalahannya. Sebab tercatat telah 27 penyelamatan dilakukannya. Untuk Liga Champions, rapornya lima kali main, dua clean sheet, tiga kemasukan, dan 17 saves.

Kendati punya peran besar, ironisnya portero yang didatangkan dari Borussia Moenchengladbach ini malah minim apresiasi. Seperti pasca laga teranyar, Messi jauh lebih dielu-elukan dan terkesan meminggirkan kontribusinya. “Itulah yang memang seharusnya dilakukan penjaga gawang,” kata pelatih Ernesto Valverde soal Ter Stegen.

Fakta menyakitkan itu termasuk dialaminya di tim nasional Jerman, yang mana pelatih Joachim Loew terus menjadikan Manuel Neuer sebagai kiper utama, meskipun penampilannya sudah tak konsisten. Beragam trofi pun gagal diraih oleh Ter Stegen seperti di Spanyol terus kalah dari Jan Oblak dan skala lebih besar dari Alisson Becker.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

ANGKA
89

Sejak bergabung 1 Juli 2014, Ter Stegen telah memainkan 209 pertandingan resmi untuk Barca dan mencatatkan 89 clean sheet (kebobolan 191 gol).

D
Penulis
Dini Wulandari