news
LIGA 1
PSM vs Borneo FC Berburu Poin Kejar Tiket Asia
02 December 2019 10:21 WIB
berita
MAKASSAR - Duel tim papan atas PS Makassar (PSM) versus Borneo FC di Stadion Andi Mattalata, Senin (2/12), akan berlangsung sengit. Borneo FC ingin mempertahankan posisi runner-up, sedangkan PSM tak ingin tersingkir dari persaingan memburu tiket ke kancah Asia. Jika kalah, posisi PSM dapat digeser tim papan tengah karena jarak poin dengan tim di bawahnya yang tipis.

Jika melihat performa kedua tim pada laga terakhir, PSM dan Borneo baru saja kalah. PSM kalah di markas PSIS 0-1 dan Borneo FC kalah oleh tim tamu Persela 1-2. Sedangkan, dari bentrok tiga musim terakhir di Makassar, PSM menang dua kali dan satu kali dikalahkan Borneo.




Baca Juga :
- Timnas U-19 Latihan Perdana, Begini Hasil Pantauan Pelatih Shin Tae Yong
- Liga 1 2020 Dua Wilayah? Ini Tanggapan Klub




Pelatih PSM Darije Kalezic mengatakan meski kalah dari PSIS pada laga terakhir, kepercayaan diri para pemain tidak terganggu dan secara umum performa tim sudah baik. “Tapi, mudah-mudahan melawan Borneo FC disiplin taktik kami bisa lebih baik lagi, agar  bisa meraih hasil positif,” kata Kalezic.

Menghadapi Borneo, Pasukan Ramang, julukan PSM tidak tampil full team. Wiljan Pluim, Guy Junior, Bayu Gatra, dan Abdul Rahman masih cedera. Lalu, Amildo Balde dan Rizky Pellu mendapat hukuman akumulasi kartu kuning.


Baca Juga :
- Liga TopSkor U-16: Grande Partita di Gunung Sindur
- Preview Liga TopSkor Transtama U-15: Papan Tengah Memanas


“Tanpa Balde dan Rizky bukan hal aneh bagi kami, karena sudah beberapa bulan ini kami biasa dengan pemain yang absen. Tapi saya percaya dengan seluruh pemain saya khususnya yang akan tampil besok (hari ini) mudah-mudahan mereka bisa bermain baik," ucap pelatih asal Bosnia Herzegovina itu.

Supersub andalan PSM Ferdinan Sinaga kemungkinan akan menjadi starter menggantikan peran Amido Balde di lini depan. “Ferdinan selalu memberikan penampilan terbaiknya saat menjadi starter ataupun menjadi pemain pengganti. Saya percaya dan yakin kalau dia diturunkan besok (hari ini) akan memberi yang terbaik,” kata Kalezic.

Terkait kekuatan lawan, Darije menilai Borneo tim solid, kompak, dan punya serangan balik yang membahayakan. Meskipun, ia terkejut Borneo takluk oleh Persela di kandang.

Sementara itu, kiper utama PSM Rivky Mokodompit siap kembali tampil usai sembuh dari luka robek di wajahnya. “Kami juga tidak ingin tercuri poin di kandang, dan akan memaksimalkan sisa laga kandang terakhir. Kami ingin menang besok (hari ini) karena ini kandang kami,” ucap Rivky.

Sedangkan, pelatih Borneo FC Mario Gomez sudah menyiapkan taktik untuk membayar lunas poin penuh yang hilang di laga kandang, kemarin. “Para pemain saya minta fokus sampai menit akhir," ucap Gomez.

Soal ambisi memburu gelar juara Liga 1 2019 yang kini hampir menjadi milik Bali United, Gomez tak mempedulikannya. Ia mengaku tidak mau fokus memikirkan Bali United yang hanya butuh sekali menang untuk juara. “Yang kami pikirkan sekarang bagaimana Borneo bisa menang, kami tidak mau memikirkan tim lain,” ujar Gomez.

Target awal yang dibebankan manajemen Borneo memang minimal menjadi runner-up dan bisa berpentas di kompetisi Asia. Target itu pun ditegaskan asisten pelatih Borneo FC, Charis Yulianto tidak pernah berubah.

“Tapi kami akan tetap berjuang sampai akhir kompetisi. Meski untuk mengejar Bali United atau target juara agak berat, kami berusaha dulu dan tidak ingin cepat pesimis. Tapi, tetapi secara hitung-hitungan di sisa pertandingan dengan Bali United, mungkin Bali lebih unggul, tapi lihat nanti saja,” ujar Charis.***AGUSTIAN PRATAMA

loading...
R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news