news
TINJU
Cerdas! Canelo Lepas Satu Gelar demi Dapatkan yang Lebih Bergengsi tapi Hemat Tenaga
30 November 2019 09:47 WIB
berita
Saul
NEW YORK – Tinju bukan melulu soal pukuran akurat dan teknik tinggi tapi juga soal strategi mengatur pertarungan. Saat seorang petinju sudah mencapai level tertinggi, dia bisa memainkan strategi itu. Merekalah para juara dunia yang bisa memilih siapa lawan yang akan dihadapi.

Tetap ada perjudian tapi setidaknya, sang petinju sudah mengukur peluangnya saat memilih lawan. Untuk urusan ini, Saul “Canelo” Alvarez jagonya. Strategi memilih lawan telah menjadikan dia juara dunia di tiga kelas sekaligus dalam waktu bersamaan. Kelas menengah WBA Super, menengah super WBA, dan berat ringan WBO.




Baca Juga :
- Inter Berpotensi Bagus Menyalip Milan Dapatkan Bek Tengah Fiorentina Ini, Ada Faktornya
- Target Pirlo! Selain Tonali, Gelandang Serang Roma Ini Mau Diboyong ke Juventus


Namun, itu belum membuatnya puas. Ganjalan Canelo adalah di kelas menengah super. Sabuk WBA yang dimiliki masih berkategori level dua dan Canelo menginginkan sabuk WBA Super. Strategi pun kembali dijalankan. Caranya, dengan melepas sabuk WBA Reguler itu demi mengincar sabuk WBA Super yang saat ini dimiliki Callum Smith.

Pada posisi menantang inilah, Canelo bisa mengatur kapan pertarungan bisa digelar tanpa harus dia memikirkan pertarungan wajib (mandatory fight). Memang, sejak merebut sabuk WBA Reguler itu dari Rocky Fielding pada 15 Desember 2018, Canelo belum sekali pun bertarung mempertahankannya.


Baca Juga :
- Di Arsenal, Willian Bisa Tetap Pakai Nomor 10, Peluangnya Bagus karena Ozil Mau Cabut
- Mike Tyson vs Roy Jones Jr Diundur demi Dapatkan Cuan Lebih Banyak, Jadwalnya Sudah Ada


Mandatory fight pasti datang dan itulah yang dihindari. Caranya, ya lepas saja dan dia langsung menantang Smith. Cerdas. Tak hanya Smith, Canelo pun bisa pula menantang Billy Joe Saunders, pemilik sabuk juara dunia menengah super WBO. Ini juga gelar penuh. Siapa yang lebih dahulu sepakat, itulah yang akan dilawan Canelo.

Tentunya, Canelo sudah sangat memperhitungkan dia bisa menang jika melawan Smith atau Saunders. Sementara itu, sabuk lowong akan diperebutkan oleh Lennox Allen (pemilik sabuk WBA Gold) yang sudah menginginkan melawan John Ryder. Ini petinju asal Inggris yang baru dikalahkan Smith.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!