news
LIGA INGGRIS
Liverpool Punya Opsi Pemain untuk Mengisi Peran Fabinho
30 November 2019 17:12 WIB
berita
Dua gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum dan Jordan Henderson (kanan) saat menjalani latihan. Mereka bisa menjadi alternatif untuk bisa mengisi posisi jangkar yang biasa diisi Fabinho./Istimewa
LIVERPOOL – Tantangan besar harus dihadapi pelatih Liverpool FC, Juergen Klopp saat menjamu Brighton & Hove Albion FC di Stadion Anfield, Sabtu (30/11) ini. Ia perlu mencari pemain yang tepat dan mampu mengisi kekosongan Fabinho. Jangkar andalan The Reds itu kemungkinan besar absen akibat cedera pergelangan kaki saat menghadapi SSC Napoli di Liga Champions, tengah pekan lalu.

Tentu saja bukan perkara mudah bagi Klopp. Seperti diketahui, peran Fabinho sebagai penyeimbang tim sangat sulit tergantikan. Gelandang asal Brasil tersebut memiliki kemampuan untuk memecah permainan dan mencegat serangan balik lawan. Tak hanya itu. Visi, ketenangan, soliditas, serta tekniknya dalam memainkan bola membuatnya sangat vital bagi Liverpool sepanjang musim ini.




Baca Juga :
- Liverpool Akan Jadikan Saka Pesaing Robertson
- Liverpool Siap Lepas Shaqiri, Sevilla Datang Menghampiri


Belum bisa dipastikan berapa lama Fabinho harus absen. Namun informasi terakhir menyebutkan The Reds kemungkinan akan kehilangan jangkar andalannya itu hingga awal tahun depan. Jika benar, artinya Fabinho terpaksa melewatkan 10 laga Liverpool di semua kompetisi. “Ini benar-benar kabar buruk. Kami belum bisa 100 persen yakin, tetapi tampaknya Fabinho tidak bisa terlibat hingga periode Natal,” kata Klopp.

Namun pelatih asal Jerman tersebut sadar tidak ada gunanya mengeluhkan masalah cedera yang dialami sang gelandang. Fokusnya sekarang adalah mencari solusi untuk menutup lubang yang ditinggalkan Fabinho. “Ya, ini problem besar, tetapi kami bukan satu-satunya tim yang bermasalah dengan cedera pemain. Hal yang utama sekarang adalah menemukan penggantinya,” ujar Klopp lagi.


Baca Juga :
- Klopp Curhat soal Penyebab Kegagalan The Reds di Liga Champions, Katanya Efek Kekhawatiran Virus Corona
- Liverpool Kehilangan Moh Salah 4 Bulan, Ini Penyebabnya


Pelatih asal Jerman itu telah menyiapkan opsi alternatif mengatasi masalah ini. Jordan Henderson dan Georginio Wijnaldum rencananya akan diplot mengisi pos Fabinho. Keduanya terbilang sosok gelandang yang fleksibel. Pada awal periode Klopp di Anfield, Henderson adalah pemain No. 6 Liverpool. Kapten The Reds ini melakoni peran sebagai jangkar tim pada 2016/17 dan 2017/18, sebelum Fabinho bergabung.  

Hendo, sapaan Henderson, dinilai pemain paling pas untuk kembali mengemban tugas tersebut mengingat itu bukan posisi asing baginya. Namun, permasalahannya, pemain 29 tahun tersebut kerap kesulitan dalam mengatasi serangan balik cepat lawan. Ditambah lagi, Henderson tidak memiliki kepiawaian melepaskan operan dan menjaga tempo permainan seperti Fabinho. 

Bila Hendo tidak maksimal, Wijnaldum menjadi alternatif lain bagi Liverpool. Gelandang asal Belanda ini bisa dibilang pemain paling fleksibel dalam skuat The Reds. Selama di latih Klopp, Wijnaldum pernah mengisi semua posisi di sektor tengah. Ia bahkan pernah diplot sebagai bek tengah saat menghadapi Brighton di Anfield pada 2017 lalu. Ketika itu, Liverpool sukses menang 5-1.

Pada awal 2018/19, Wijnaldum pun dimainkan Klopp sebagai pemain No. 6 sebanyak sembilan kali ketika Fabinho belum mendapatkan posisi regulernya. Dan, rapor Liverpool ketika memplot gelandang 28 tahun ini sebagai jangkar tim terbilang impresif. Mereka memenangi delapan laga di antaranya. The Reds pun hanya kemasukan tiga kali dan kehilangan poin saat ditahan 1-1 oleh Leicester City FC.

Meskipun absennya Fabinho menjadi kehilangan besar, tetap ada opsi bagi Liverpool. Klopp tahu pemain seperti Henderson dan Wijnaldum memiliki kapasitas untuk menjadi penyeimbang tim. “Gini (Wijnaldum) brilian menghadapi Napoli di posisi tersebut. Hendo juga pernah bermain di posisi itu dengan sangat baik. Kami hanya perlu mencoba memaksimalkan skuat yang ada,” kata Klopp.***     

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN LIVERPOOL VS BRIGHTON 

Wasit: Martin Atkinson
Stadion: Anfield
Prediksi TopSkor: 60-40
Siaran Langsung: TVRI, Sabtu (30/11) – Pkl. 22.00 WIB

LIVERPOOL (4-3-3)

Pelatih: Juergen Klopp

1 Alisson;
66 Arnold, 6 Lovren, 4 Van Dijk, 26 Robertson;
15 Ox-Chamberlain, 14 Henderson, 5 Wijnaldum;
11 Salah, 9 Firmino, 10 Mane
Cadangan:
13 Adrian,
12 Gomez,
7 Milner,
20 Lallana,
8 Keita,
23 Shaqiri,
27 Origi

BRIGHTON (3-4-3)

Pelatih: Graham Potter

1 Ryan;
4 Duffy, 5 Dunk, 33 Burn;
22 Montoya, 24 Proepper, 6 Stephens, 20 March;
13 Gross, 7 Maupay, 11 Trossard
Cadangan:
27 Button,
14 Balogun,
15 Webster,
21 Schelotto,
8 Bissouma,
16 Jahanbakhsh,
17 Murray

Pertemuan terakhir
12/01/19       Liga Primer    Brighton         0 – 1    Liverpool
25/08/18       Liga Primer    Liverpool       1 – 0    Brighton

 

     

      

 

   

 

I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news