news
UMUM
Empat Semifinalis Liga 1 Putri 2019 Sama-sama Tergerus karena Beberapa Pemain Membela Timnas SEA Games
30 November 2019 13:46 WIB
berita
Pelatih Iwan Bastian (kanan) mengawal langsung persiapan Persib Putri jelang semifinal Liga 1 Putri 2019/Foto: Media Persib
BOGOR – Kompetisi Liga 1 Putri 2019 memasuki fase krusial. Ajang level tertinggi sepak bola putri Tanah Air ini akan menggelar leg pertama semifinal dengan format home and away mulai Minggu (1/12). Tim putri Tira Persikabo akan ditantang Persipura Jayapura, dan  Persib Bandung akan berduel dengan Arema FC.

Pada leg pertama, Tira Persikabo menjamu Persipura di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Sedangkan Persib menghadapi Arema FC di Stadion Siliwangi, Bandung. Empat tim ini adalah yang terbaik dari empat seri yang digelar secara maraton.




Baca Juga :
- Selain Persib Senior, Tim di Bawah PT PBB seperti Persib U-16, U-19, dan Persib Putri Juga Divakumkan Sementara
- Seluruh Lapangan Ditutup, Tim Persib Putri Akhirnya Dibubarkan


Pada laga perdana besok juga akan terjadi duel dua pemain tertajam saat ini. Ada Rulin Aspalek di tim Persipura yang sudah mencetak 13 gol alias top scorer sementara, dan Insyafadya Salsabila dengan 12 gol dari Tira Persikabo.

“Kami sudah siap 100 persen  lawan Persipura. Semoga diberi kemenangan pada leg pertama ini agar lebih enjoy leg berikutnya,” kata asisten pelatih Tira Persikabo, Adi Kuswanto kepada TopSkor, Jumat (29/11).


Baca Juga :
- Ribuan Bobotoh Sambut Putri Biru bak Pahlawan
- Menjamu Persib Putri, Tira Persikabo Kartini Perkuat Pertahanan


Hanya saja dikatakannya, dalam pertandingan nanti Tira Persikabo juga kehilangan tiga pemain karena dipanggil ke timnas putri SEA Games. Ketiga pemain yang dimaksud adalah Safira Ika, Baiq Amiatun, dan Jesella Arifya.

Namun, karena ketiga pemain ini sudah absen sejak seri ketiga, Adi mengatakan timnya sudah memiliki waktu dalam dua seri terakhir untuk memercayakan posisi yang ditinggal ketiga pemain itu kepada pemain lainnya. “Persipura adalah tim kuat dan kita sudah tahu kiprah mereka yang selalu mengagumkan,” kata Adi lagi.

“Meski demikian, tidak ada yang tidak mungkin di sepak bola. Kemenangan bisa menghampiri tim mana pun,” Adi menambahkan. Ia juga mengatakan pelatih sudah mempersiapkan antisipasi alur serangan lawan dan coba cari celah di lini pertahanan Persipura.

Laga semifinal lainnya juga tidak kalah sengit. Maung Bandung Putri adalah penguasa Grup A. Sementara Singo Edan Kodew alias Arema Putri adalah runner-up Grup B dengan catatan 11 kemenangan, sekali imbang, dan empat kali kalah. 

Sebagai ujung tombak, sebenarnya tuan rumah Persib punya pemain yang sudah mencetak 10 gol, Febriana Kusumaningrum. Sayangnya Febri bakal absen karena tengah membela timnas Indonesia pada SEA Games 2019 di Manila. Sedangkan Arema FC juga punya striker tajam Sheva Imut Furyzcha yang juga sudah mencetak 10 gol.

Selain Febri, satu lagi pemain Persib yang absen dengan alasan sama adalah Vivi Oktavia Risky. “Kami dari seri ketiga lalu sudah tanpa Febri dan Vivi. Jadi tetap siap melawan Arema di semifinal,” kata pelatih Persib, Iwan Bastian.

Bermain di Bandung dikatakannya harus dimaksimalkan sebagai modal leg kedua yang balik digelar di Malang. Mengenai kekuatan Arema, ia mengaku hanya ingin fokus ke sosok Sheva Imut untuk jadi perhatian. “Kami tidak boleh terkecoh,” ucap Ibas, sapaan Iwan, lagi..

Sedangkan tim putri Arema hadir di Bandung dengan memboyong 24 pemain. “Kami sudah siapkan cara meredam permainan Persib yang pasti akan ofensif. Setidaknya kami bidik hasil imbang untuk meringankan langkah semifnal leg kedua,” kata manajer Arema, Fuas Ardiansyah.*Sri Nugroho

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news