news
LIGA 1
Soal Pengganti RD, Begini Kata Pengurus PS Tira Persikabo
30 November 2019 13:41 WIB
berita
BOGOR - Tira Persikabo dipastikan tak lagi menggunakan jasa pelatih Rahmad Darmawan (RD) pada lima laga tersisa dalam Liga 1 2019. Manajemen Tira Persikabo mengumumkan bahwa telah mengakhiri kerjasama dengan sang pelatih pada Jumat (29/11) petang.

Hal ini tentunya terkait erat dengan prestasi jeblok yang didapat Tira Persikabo akhir-akhir ini. Setelah sempat mencatat 13 laga tak terkalahkan di putaran pertama, prestasi ini terjun bebas di putaran kedua. Bahkan kekalahan dari Kalteng Putra di laga pekan ke-29 menjadikan Tira Persikabo mencatat 14 laga tak pernah menang.




Baca Juga :
- Persib Umumkan Rekrutan Baru dari Timnas U-19 Indonesia, Robert Rene Berikan Penjelasan
- Kapten Persib Mengungkap Kode-kode dengan M Ridwan yang Tidak Semua Orang Tahu dalam Pertandingan


Dengan posisi hanya tersisa lima laga saja musim 2019 ini, Manahati Lestusen dkk ada di peringkat ke-12 dengan nilai 38. Bahkan lebih parah lagi jika tak cepat bangkit, bukan tak mungkin zona degradasi akan menghampiri. 

Pengurus PS Tira Ahmad Jamil mengatakan keputusan manajemen ini merupakan kesepakatan. “Kesepakatan terkait hasil pertandingan yang kurang baik. Tim lain bahkan baru beberapa kali tidak menang langsung diputus kontraknya, tapi kami lumayan sudah lama,” ucap Jamil.


Baca Juga :
- Sejumlah Tim Bubarkan Pemain, Persib Justru Latihan Intensitas Tinggi
- Tinju Adalah Binatang yang Berbeda, Pelatih Roy Jones Klaim Bentuk Tubuh Mike Tyson Bukan Cermin Ketangkasan Bertinju


Terkait pengganti RD, menurut Jamil, kandidatnya sudah dikantongi tapi belum final. “Jadi bisa ditunggu satu sampai dua hari ke depan,” ujar Jamil. “Kayaknya kalau lokal sudah kehabisan stok juga sih untuk sekarang. Lokal sepertinya sudah tidak ada yg menganggur, Aji Santoso baru ke Persebaya.”

Sebelumnya, manajer Tira Persikabo, Brigadir Jendral TNI Rudi Yulianto mengatakan ada dua aspek yang membuat performa timnya menurun. Pertama terdapat beberapa pemain pilar yang cedera seperti Manahati Lestusen, Dimas Drajad, Achmad Noviandani, Loris Arnaud, dan Wawan Febrianto.

Alasan kedua, banyak pemain andalan yang harus memenuhi panggilan timnas, misalnya M Rifad Marabessy, Andy Setyo, M Abduh Lestaluhu, dan Osas Saha. “Apalagi putaran kedua ini kan Tira Persikabo tidak banyak merekrut pemain. Hanya merekrut satu, Prisca Womsiwor,” kata Rudi.

Akibatnya paceklik kemenangan dalam 14 laga beruntun berimbas pada penurunan motivasi pemain. RD pun sudah berupaya membangkitkan mental pemain dan menyesuaikan skema dengan pemain yang ada. “Mungkin menurut manajemen pencapaian target dirasa belum sesuai dengan harapan,” kata RD.

Pelatih asal Lampung ini pun sempat meminta kesempatan lagi, namun tak direstui manajemen. “Karena tinggal lima pertandingan. Tapi keputusan sudah dibuat dan saya juga bisa mengerti sekali lagi,” ucap RD.***SRI NUGROHO/ SUMARGO PANGESTU

 

R
Penulis
Rizki Haerullah