news
UMUM
Persaingan Makin Ketat, Persib U-16 Taklukkan Tim Pelajar U-15 Indonesia
28 November 2019 23:06 WIB
berita
Persib U-16 petik kemenangan pertama/foto kemenpora
BANDUNG - Persaingan Grup A turnamen Kemenpora International Football Championship (KIFC) makin ketat. Tiga tim memiliki 4 poin yakni Penang Sports School-FAP Malaysia, Akademi Persib U-16 dan Fossbi. 

Kondisi ini terhampar setelah Akademi Persib U-16 berhasil menaklukkan Tim Pelajar U-15 Indonesia racikan Rocky Putiray 2-0 pada laga di Lapangan Progresif, Bandung, Kamis (28/11). 




Baca Juga :
- Kemenpora Berikan Penghormatan Kepada Keluarga Alm. Alfin Farhan Lestaluhu
- Kemenpora Pastikan Bonus SEA Games Rampung Sebelum Natal


Sementara itu Fossbi harus kerja keras meladeni perlawanan sengit dari Dreams Come True FC. Sempat kecolongan di menit 15 lewat Mohammad Dzulfikar, Forssbi akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah Ikhsan Febria mengukir namanya di papan skor pada menit 69.

Nama-nama beken seperti M Valeroen, Diandra Diaz dan kiper Syarif Slamet menjadi garansi kekuatan Akademi Persib U-16. Ketiga pemain sarat pengalaman dan jam terbang tinggi. Alumnus Liga TopSkor Indonesia yang pernah tampil di Gothia Cup 2018 itu mampu memberi warna pada Maung Ngora.


Baca Juga :
- Paripurna..! TopSkor Indonesia U-16 Kawinkan Gelar Juara
- Tumbangkan Persib U-16, TopSkor Indonesia Juara Super Muda Menpora


Mereka memang tidak mencetak gol. Tapi, kontribusinya terhadap Ridwan Anshori yang membuka gol buat Akademi Persib U-16 di menit 9 dan Satria Febrian tidak lepas dari servis Valeroen dan Diandra yang tampil militan.

Pada pertandingan yang berlangsung 2x35 menit, Persib berinisiatif menyerang sejak awal. Serangan cepat yang dialirkan dari kedua sayapnya langsung ditujukan ke pertahanan Timnas Pelajar U-15. 

Buah kerja keras itu pun membuahkan hasil di menit 9. Kerjasama apik antara Satria Febrian dan Daffa Fikri diakhiri tendangan terukur Ridwan dari dalam kotak penalti sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-0. 

Unggul satu gol, Persib tidak bertahan. Mereka terus menguasai permainan. Tapi, tim Pelajar U-15 Indonesia yang peringkat ketiga di IBER Cup Portugal juga berusaha mengejar defisit gol. Namun, acap gagal membongkar pertahanan Persib U-165 yang dikawal Febrian Rizky Ghazi dan Kaka Hielmhy. 

Bahkan, dengan skema serangan balik, Persib U-16 mampu menggandakan keunggulan di menit ke-22. Lewat akselerasinya, Satria Febrian berhasil melepaskan diri dari penjagaan bek lawan dan menendang bola ke arah gawang. 

Tendangan Satria sempat ditahan kiper Timnas Pelajar U-15, Okta. Namun bola rebound langsung disambar berakhir di gawang lawan. Skor 2-0 bertahan sampai babak pertama usai. 

Pada 35 menit babak kedua, Persib U-16 lebih banyak bermain sabar. Tapi, masih tetap menguasai permainan. Mereka menang pertarungan di lini tengah. Hingga menit akhir tak ada gol tambahan.

"Kami akui komunikasi di sendi belakang masih lemah. Sejauh ini kami hanya fokus pada build-up membangun serangan. Itu pun baru sampai pada lini tengah, belum ke depan," kata pelatih Tim Pelajar U-15 Indonesia, Rocky Putiray.

Bagi Rocky timnya memang tidak menargetkan juara. Event ini hanya bagian dari sebuah progres pembentukan  karakter tim. Target kami IBER Cup 2020 di Portugal," jelasnya. 

Tapi, dia yakin timnya masih berpeluang untuk lolos. Rocky akan mencoba memaksimalkan tiga pertandingan sisa di grup.*

news
Penulis
Suryansyah
news
news