news
LIGA ITALIA
Duel Kiper Masa Depan Italia di San Siro
21 November 2019 14:12 WIB
berita
Kiper Gianluigi Donnarumma berhasil mempertahankan kualitas di tengah penurunan kinerja AC Milan.-Topskor.id/istimewa-
MILAN – Dalam satu dekade ke depan, nama Gianluigi Donnarumma dan Alex Meret bakal sering diperbincangkan dalam persaingan di bawah mistar. Baik bersama tim nasional Italia, maupun di klub masing-masing: AC Milan dan SSC Napoli. Akhir pekan nanti, di San Siro, duo kiper muda ini akan jadi tumpuan Stefano Pioli dan Carlo Ancelotti untuk mengangkat tim asuhan mereka dari keterpurukan di Seri A.

Donnarumma baru berusia 20 tahun, tapi kini dianggap salah satu pemimpin dalam skuat Milan. Ketika tim sedang mengalami masa sulit, dia termasuk segelintir pemain yang tetap mampu mempertahankan kualitas. Lihat saja dalam 11 penampilan di liga domestik musim ini, Gigio berulang kali menyelamatkan wajah I Rossoneri. Berkat tepisannya, Milan bisa mendapatkan poin-poin berharga, seperti saat melawan Brescia Calcio.




Baca Juga :
- Enam Klub Seri A Mendesak Kompetisi Musim Ini Dibatalkan!
- Milan Antisipasi Kepergian Ibra dengan Memburu Milik


Satu-satunya malam yang ingin dilupakan kiper bernomor punggung 99 itu adalah saat skuatnya tumbang di markas Torino FC. Kala itu, dia tidak mampu menghalau tembakan Andrea Belotti dengan sempurna. Selebihnya, Donnarumma merupakan pemain terbaik kedua Milan musim ini, dengan nilai rata-rata 6,2—hanya kalah dari Theo Hernandez (6,7). Jika bukan karena konsistensi Gigio, mungkin nasib mereka akan lebih buruk.

Dibanding dua musim lalu, adik Antonio dan Alfredo itu telah memperlihatkan perkembangan pesat, baik dari segi teknik maupun kematangan karakter. Tak heran bila kini dia jadi sosok penting di ruang ganti. Masalahnya, tak ada yang tahu apakah sang penjaga gawang bakal bertahan di Milanello dalam jangka panjang. Saat ini ada kekhawatiran soal perpanjangan kontrak, dengan Juventus FC berencana membajak Gigio.


Baca Juga :
- Milik Sediakan Makanan dari Restoran Milknya untuk Membantu Memerangi Virus Corona
- Mulai Menggila! Atletico Madrid Bidik Dua Bintang Napoli


Tapi biarkan itu jadi urusan klub dan agen pemain, Donnarumma hanya perlu fokus berlatih dan tampil bagus di lapangan. Ketika Milan tengah berusaha bangkit bersama Pioli, dia harus bisa menjalankan peran penting. Dimulai dengan menghadapi Napoli, Sabtu (23/11), duel antara dua raksasa yang terluka.

Di sisi lain, Meret juga memperlihatkan peningkatan serupa bersama I Partenopei. Setelah bebas dari cedera yang mengganggu musim debutnya di San Paolo, pemuda 22 tahun itu kian matang dalam mengawal pertahanan. Dia tak cuma memiliki refleks yang luar biasa, tapi juga mampu memberi arahan para pemain belakang. Ya, ketika bek senior macam Kalidou Koulibaly dan Kostas Manolas sedang menurun, Meret kerap jadi pembeda.

Deretan performa impresif sang portiere membuahkan debut internasional bersama timnas Italia, awal pekan kemarin. Meret masuk menggantikan Salvatore Sirigu dalam kemenangan 9-1 atas Armenia, bermain cukup solid. Sekarang, dia ingin mempertahankan posisi di skuat Gli Azzurri buat Piala Eropa 2020, caranya tentu dengan tampil bagus bersama Napoli.

“Saya ingin menjadi bagian tim ke Euro. Ini salah satu target saya musim ini. Saya berusaha melanjutkan penampilan apik di Seri A, lalu biarkan pelatih memutuskan hierarki. Saya siap menunjukkan sisi terbaik saya,” katanya selepas duel Italia-Armenia.

Persaingan antara Donnarumma dan Meret bakal menguntungkan sepak bola Italia. Bila dibandingkan, mungkin seperti Enrico Albertosi dan Dino Zoff di awal ’70-an. Tapi itu cerita buat timnas. Akhir pekan nanti, keduanya akan bertarung dulu untuk mengangkat prestasi klub masing-masing: Milan versus Napoli, di mana seorang kiper bisa menentukan hasil akhir.*** Dari berbagai sumber

X
Penulis
Xaveria Yunita
news
news