news
MOTOGP
Alex Marquez Debut Bersama Honda, Baru Delapan Lap Sudah Jatuh, Begini Komentarnya
20 November 2019 09:00 WIB
berita
Alex Marquez saat menjalani tes pramusim MotoGP 2020 Valencia / Foto: Repsol Honda
VALENCIA – Adik Marc Marquez, Alex Marquez, mengawali karirnya di MotoGP dengan kurang mulus. Saat menjalani debutnya di sesi tes pramusim 2020 yang digelar di Valencia, juara Moto2 musim 2019 tersebut langsung mengalami crash.

Repsol Honda merekrut adik dari Marc Marquez, yakni Alex Marquez. Detil sampai kapan sang rider dikontrak belum diketahui.




Baca Juga :
- Marc Marquez Bisa Menjadi Ancaman Besar bagi Pemburu Gelar Jika Sudah Kembali Nanti
- Hasil FP3 MotoGP, Morbidelli Melesat Cepat, Valentino Rossi Kelima


Alex menggantikan peran Jorge Lorenzo yang menyatakan pensiun dari dunia balap MotoGP. Padahal, Lorenzo dikontrak sampai akhir musim 2020. Namun, karena faktor cedera yang kerap menghantuinya, Lorenzo memutuskan mengakhiri karirnya.

Menjalani debutnya di MotoGP, Alex mendapatkan ujian yang berat. Baru melintasi Sirkuit Ricardo Tormo dalam 8 lap, Alex langsung terjatuh, tepatnya di tikungan kesepuluh sirkuit.


Baca Juga :
- Rider MotoGP Protes Sirkuit Brno, Aspalnya Bergelombang, Sangat Berbahaya
- Brno Selalu Menjadi Akhir Pekan Spesial, Valentino Rossi Incar Podium ke-200


“Tentu saja ini bukanlah awalan yang bagus bagi saya. Saya langsung berkata ‘Ah, ini sulit dipercaya!’. Tapi, pada akhirnya ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh rookie. Tikungan 10 sirkuit ini memang selalu menyulitkan rider, terutama di pagi hari,” ucap Alex.

“Alberto (Puig) mendatangi saya dan bilang bahwa saya tidak perlu khawatir. ‘Kamu terjatuh, tidak masalah, kami di sini untuk hal-hal seperti ini’ itu yang ia katakan. Hal terpenting hari ini adalah untuk belajar, menemukan limit dari motor dan terus berkembang sebagai rider,” tambahnya.

Pada akhirnya, Alex menyelesaikan 53 putaran di sesi tes pramusim 2020 Valencia hari ini. Dirinya berada di peringkat terakhir, terpaut 0,040 detik dari test rider Honda, Stefan Bradl, serta terpaut 2,710 detik  dari pacesetter, Fabio Quartararo. ***

M
Penulis
Muhammad Pratama Supriyadillah