news
LIGA 1
Ditambah Vizcarra dan Kippersluis, Robert Siapkan Skema Alternatif Tanpa N'Douassel saat Persib Menjamu Barito
19 November 2019 15:49 WIB
berita
Penyerang Persib Kevin Van Kippersluis/Foto: Ady Sesotya
BANDUNG – Komposisi alternatif saat menjamu Barito Putera Minggu (24/11) harus dipersiapkan Persib Bandung.  Itu jika situasi darurat tetap mengadang menyusul bergabungnya Febri Hariyadi dan Ardi Idrus ke timnas Indonesia. Begitu juga Ezechiel N'Douassel yang absen karena akumulasi kartu kuning.

Peluang Febri dan Ardi sebetulnya terbuka untuk memperkuat tim. Namun, dengan pertimbangan pengaruh kondisi fisik dan mental tanding usai memperkuat timnas melawan Malaysia, pelatih Robert Rene Alberts tidak mau berspekulasi.




Baca Juga :
- Kendaraan Jemputan Sudah Disiapkan di Bandara, Kontrakan Mewah Menanti Geoffrey
- Pengakuan Legenda Persib Dadang Hidayat Soal Kualitas Suladi


Maka itu, untuk persiapan menghadapi Barito Putra, Robert kemungkinan besar bakal mengusung skema alternatif.  Prioritas tetap diperkuat mayoritas pemain pada komposisi sebelumnya plus dua tambahan lini serang, Kevin Van Kippersluis dan Esteban Vizcarra. Keduanya absen saat melawan Arema FC pekan lalu.

"Jadi ketika kami menghadapi Barito akan ada sedikit perubahan. Vizcarra sudah bisa main dan cedera Kippersluis sudah semakin membaik kondisinya. Sehingga tidak menutup kemungkinan kekuatan tim justru akan bertambah saat menjamu Barito Putera," ujar Robert di sela latihan tim, Senin (18/11).


Baca Juga :
- Robert Alberts Panggil Semua Pemain Asing Persib jelang Dimulainya Latihan Bersama
- Rafi Ghani: Tiga Pemain Asing Persib yang Belum Bergabung dalam Keadaan Sehat


Pelatih asal Belanda itu mengaku sudah terbiasa dengan rotasi dan perubahan komposisi pada timnya. Bahkan, Robert justru gembira karena variasi dalam komposisi ikut meningkatkan kondisi fisik maupun mental tanding anak asuhannya saat ini. Ia menilai,  seluruh pemain yang ada dalam kondisi baik. 

"Sebelumnya kami terus melakukan perombakan, rotasi, dan pergantian posisi. Namun, rupanya hal tersebut berdampak positif terhadap keseimbangan pemain dan hasilnya bisa kita lihat ketika menghadapi Arema. Kemenangan 3-0 itu menjadi momen penting bagi pemain, " Robert menambahkan.

Jadwal Menguntungkan

Dari sisi kebutuhan pemain diakuinya memang tidak memuaskan karena absennya beberapa pemain inti.  Tetapi, dari sisi jadwal menjelang pertandingan pekan ini bagi Robert cukup bagus karena tim asuhannya memiliki waktu pemulihan yang panjang.

Bahkan, usai menghadapi Arema pemain masih sempat diliburkan beberapa hari. “Sepekan ke depan akan menjadi waktu persiapan  yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jadi,  tidak ada alasan untuk tidak bisa meraih hasil positif lagi lawan Barito, apalagi nanti kami akan  bermain di kandang," kata Robert.

Bukan tidak mungkin dengan kemenangan melawan Barito mendatang, Supardi Nasir dan kawan-kawan akan menembus posisi lima besar klasemen Liga 1 2019.  Saat ini, Maung Bandung masih berada di posisi keenam di bawah Arema.

Tapi, Persib lebih berpeluang menggeser Singo Edan, julukan Arema, karena kedua tim hanya berselisih satu poin. Maung Bandung mengantongi 40 poin, sementara Arema FC sudah 41. Maka itu, Persib wajib memenangi laga pekan ini atas Barito yang ditangani eks pelatih Persib Djadjang Nurdjaman, jika ingin terdongkrak ke lima besar.*Arief Nugraha K

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id