news
LIGA 1
Berat, PSM hadapi sang "Raja Tandang" Tanpa Marc Klok dan Willem Jan Pluim
18 November 2019 13:03 WIB
berita
Penyerang sayap PSM Zulham Zamrun bakal menjadi motor lini serang timnya menghadapi Persipura/Foto: TopSkor/Ady Sesotya
MAKASSAR – PSM Makassar akan menghadapi tantangan berat saat menjamu Persipura Jayapura pada laga tunda pekan keempat Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Senin (18/11). Kedua tim sama-sama berhasrat bangkit karena belum juga kembali merasakan kemenangan dalam dua laga terakhir.

Bahkan, Juku Eja harus merasakan dua kekalahan beruntun yakni takluk dari Kalteng Putra 1-2 di Palangkaraya dan 2-3 dari Persebaya Surabaya di Balikpapan. Sedangkan Persipura juga tersendat dalam dua laga terakhirnya dengan kalah 1-3 dari Bhayangkara FC dan imbang 2-2 lawan pemuncak klasemen sementara, Bali United.




Baca Juga :
- Persipura Pertimbangkan Gaet Makan Konate
- Lalenok United Jamu PSM Makassar di Gianyar




Dari statistik yang ada, tentunya pekerjaan rumah besar dimiliki tuan rumah PSM di sektor belakang. Bagaimana tidak, tim asuhan Darije Kalezic itu kebobolan enam gol dalam dua laga terakhirnya. Sebuah catatan buruk yang tentunya wajib diperbaiki jika PSM ingin mengatrol posisi di klasemen saat ini, yaitu peringkat ke-9 dengan nilai 36.

Melawan tim sekelas Persipura yang kini bercokol pada peringkat kedua dengan 44 poin, Kalezic menaruk respek besar. “Paling penting saat ini pemain harus disiplin tinggi dan bermain pada level permainan terbaik,” kata Kalezic di Makassar, Minggu (17/11).


Baca Juga :
- PSM Targetkan ke Final Piala AFC 2019 Zona Asia Tenggara
- Satu Poin Jadi Kado Perpisahan Darije Kalezic di PSM


Hanya saja yang jadi halangan PSM tidak dapat turun dengan kekuatan terbaik. Dua pemain asing andalan absen. Marc Klok disebut menjalani akumulasi kartu kuning, sedangkan Willem Jan Pluim cedera ankle serius yang memaksanya absen hingga akhir musim.

Tanpa kehadiran kedua pemain asing ini, tentunya akan memengaruhi performa lini tengah PSM. Melawan Persipura, PSM wajib waspada penuh karena Mutiara Hitam hingga saat ini tercatat sebagai “Raja Tandang”. Sejauh ini Persipura memiliki torehan mengesankan dalam laga tandangnya.

Dari 13 pertandingan tandang, Persipura menang enam kali, tiga kali imbang, dan empat kali kalah alias yang terbaik dari semua kontestan Liga 1. Tapi, PSM juga memiliki rekor kandang mengilap dengan 11 kemenangan dan dua kali kalah sejauh ini. 

Persipura sendiri hadir di Makassar dengan kondisi lebih bugar. Terakhir mereka berlaga saat menjamu Bali United 11 November lalu. Sedangkan PSM baru saja dijamu Persebaya empat hari lalu, tepatnya 14 November. “Harapannya kami bisa tampil dengan performa terbaik dan sukses dalam laga nanti,” kata pelatih Persipura, Jacksen F Tiago.

Secara merendah, Jacksen mengakui PSM adalah juara Piala Indonesia yang sudah terbukti kualitasnya. “Mereka juga punya banyak pemain depan yang bagus dan punya kecepatan,” ucap pelatih asal Brasil itu.   

Namun, sayangnya Persipura juga bakal pincang dalam pertandingan nanti. Ini karena sang ikon Boaz Solossa absen akibat akumulasi kartu dalam pertandingan tunda ini. Dalam dua laga beruntun sebelumnya, Boaz juga tidak dapat tampil karena tidak dalam kondisi fit. 

Laga nanti juga menjadi momen bagus untuk Persipura untuk sedikit menjauh dari Madura United yang menempel pada peringkat ketiga. Kedua tim memiliki poin sama yakni 44. Namun, Persipura baru bertanding 26 kali sedangkan Madura United sudah 27 kali. Jika menang, tentu juga akan membuat mimpi Persipura kembali bertarung di level Asia makin terbuka.*Sri Nugroho

 

loading...
news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news