news
LIGA INTERNASIONAL
Bosnia Maksimalkan Playoff
18 November 2019 14:44 WIB
berita
Tim nasional Bosnia ketika akan bertolak menuju Liechtenstein untuk melakoni kualifikasi Piala Eropa 2020.-Topskor.id/istimewa-
ZENICA – Kekalahan telak 0-3 dari Italia, Jumat (15/11) kemarin, telah menutup peluang Bosnia-Herzegovina untuk lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 melalui jalur grup. Sangat mengecewakan, mengingat Edin Dzeko dan kawan-kawan merupakan favorit untuk mendampingi Gli Azzurri. Meski begitu, harapan belum punah. Masih ada jalur alternatif yang bisa dimanfaatkan The Golden Lilies untuk mewujudkan ambisi.

Caranya adalah dengan memenangkan playoff. Ya, inilah senjata rahasia yang disimpan Bosnia buat skenario terburuk. Keberhasilan menjuarai Liga Negara-negara Eropa (LNE) kategori B, membuat tim asuhan Robert Prosinecki itu digaransi mendapat satu jatah di babak playoff kualifikasi Piala Eropa 2020. Pada jalur ini, akan tersedia 4 tiket pamungkas yang diperebutkan 16 tim.




Baca Juga :
- Roma Ingin Tukar Justin Kluivert dengan Moise Kean, Romanisti Setuju?
- Pemain dan Pelatih AS Roma Bersedia Tidak Digaji Selama 4 Bulan


Jadi tak ada alasan untuk melempar handuk. Laga penutup Grup J melawan Liechtenstein, Senin malam, harus dihadapi dengan sungguh-sungguh. Memang tidak ada lagi pengaruhnya buat posisi klasemen, tapi kemenangan akan membantu memulihkan moril yang terluka. Kemudian, itu juga bisa jadi kesempatan bagi Prosinecki untuk mengevaluasi kelemahan yang membuat timnya gagal lolos lewat jalur otomatis.

Playoff baru akan berlangsung pada 26 Maret 2020, jadi masih panjang waktu bagi Bosnia untuk berbenah dan meningkatkan kemampuan. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah mentalitas, karena inilah yang berulang kali membuat mereka tersungkur sepanjang kualifikasi. Secara kualitas, tim tersebut hanya kalah dari Italia. Tapi saat menghadapi tekanan, semua terlalu gampang berantakan.


Baca Juga :
- Edin Dzeko: Memalukan Jika Roma Tidak Juara
- Setelah 22 Tahun, Ban Kapten Roma Jatuh ke Tangan Pemain Asing


“Saya akui kami tidak menampilkan performa terbaik selama kualifikasi. Kami bisa kalah melawan tim yang berfungsi lebih baik, itu pekerjaan rumah yang harus diselesaikan,” sesal bek Ermin Bicakcik usai laga melawan Italia. “Berikutnya adalah Liechtenstein, pertandingan yang tetap penting untuk dimenangkan. Kami harus bisa bangkit sebelum melakoni playoff, karena itulah jalan terakhir menuju Piala Eropa 2020.”

 Pada babak playoff nanti, Bosnia akan berada di jalur B, sesuai dengan level di LNE. Mereka akan melakoni dua pertandingan (semifinal dan final) sebelum bisa menggenggam tiket Piala Eropa 2020. Calon lawan yang akan dihadapi masih belum bisa dipastikan sebelum fase kualifikasi berakhir, pekan depan. Namun, jika melihat dari kelompok LNE, ada kemungkinan Bosnia bakal menghadapi salah satu dari Wales, Slowakia, Republik Irlandia, atau Irlandia Utara. Sebagai informasi, undian playoff akan dilakukan pada 22 November mendatang.* Teguh Kurniawan dari berbagai sumber

X
Penulis
Xaveria Yunita