news
LIGA SPANYOL
Federasi Spanyol Dilema, Perpanjang Moreno atau Menunggu Enrique
18 November 2019 13:07 WIB
berita
Masa depan Robert Moreno sebagai pelatih Spanyol belum tergaransi lantaran RFEF masih berharap Luis Enrique kembali mendampingi tim di Piala Eropa 2020. –Topskor/ist
MADRID – Usai melumat Malta dengan kemenangan 7-0 (15/11), tim nasional Spanyol akan menjamu Rumania dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup F, Senin (18/11) ataua Selasa dini hari WIB. Meski sudah dipastikan lolos ke putaran final, duel nanti tetap disikapi serius. Selain untuk memastikan tempat di top seed musim panas mendatang, duel di Stadion Wanda Metropolitani akan jadi pembuktikan pelatih Albert Moreno.

Kemampuan entrenador asal Katalunya itu memang masih diragukan meski Jumat lalu Spanyol arahannya mencatat sejarah. Mereka menang telak atas Malta dan jadi pertama kalinya punya tujuh pencetak gol berbeda dalam satu laga. Terlepas dari hasil akhir, statistik sepanjang laga pun luar biasa dengan ada 70 persen penguasaan bola, dan melepas 33 tembakan yang 14 di antarannya tepat sasaran.




Baca Juga :
- Neymar Menunggak Pajak Lebih Besar daripada Messi dan Ronaldo
- Joan Mir: Start di Barisan Tengah Sangat Beresiko, Sebab...


Kendati La Roja –julukan Spanyol– arahan Moreno tampil begitu superior, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) masih belum mau memberikan garansi masa depan Moreno. “Kami menang 7-0, dan akan menikmati hasil itu. Kami akan kembali ke Madrid dan menyudahi fase ini dengan hasil yang baik. Robert melakukan pekerjaan dengan sangat baik dan tak ada yang bisa dikatakan lagi,” kata Luis Rubiales, Presiden RFEF, saat ditanya wartawan apakah sang pelatih akan berada di Piala Eropa 2020.

Moreno yang semula berperan sebagai caretaker pasca pengunduran diri Luis Enrique memang hanya dikontrak sebagai pelatih utama hingga 31 Juli 2020. Rubiales sendiri berdalih opini yang berkembang perihal federasi yang tak menjamin posisi Moreno muncul tanpa kehendak dirinya.


Baca Juga :
- Seru! Casillas Disindir Jurnalis Soal Mourinho dan Del Bosque, Pique Membela
- Pulang ke Juventus, Morata Bicara soal Atletico Madrid dan Kesempatan Sekali Seumur Hidup


Sementara pasca terus didesak berbagai media Spanyol, pria 42 tahun memberi jawaban ambigu ke El Pais. Bahkan sang presifen seolah melempar persoalan ini ke Direktur Olahraganya, Jose Molina.

“Ada laga kualifikasi yang masih perlu diselesaikan pelatih. Kami pun memiliki departemen yang dipimpin Molina untuk hal itu. Saat tugas selesai, maka dia segera memberi tahu apa yang akan dan perlu dilakukan oleh federasi terkait pelatih timnas. Itu hasil ide dan dukungan saya serta federasi. Masih ada banyak waktu untuk melihat,” ucap Rubiales.

Pada titik ini, RFEF masih menunggu kemungkinan yang dimilikinya. El Pais mencoba mendalami kasus keraguan terhadap Moreno dan federasi “menggantung posisinya” sebab sedang menanti keputusan comeback Enrique. Ya, eks pelatih FC Barcelona itu pilihan utama sebelumnya, diproyeksikan untuk memimpin La Roja di Piala Eropa 2020.

Pasca memutuskan mundur, 19 Juni lalu, Rubiales pun secara terang-terangan berkata bahwa pintu akan selalu terbuka untuk Enrique. “Jika Enrique yang ada di kursi kepelatihan, pembaharuan kontrak sudah pasti terjadi. Namun kontrak pun tak menjadi jaminan apapun, sebab (Julen) Lopetegui sebelumnya bisa terdepak,” kata sumber anonim dari federasi.

Enrique sendiri sudah selesai dengan “urusan pribadi” yang dulu membuatnya mundur. Kala itu ia menanggalkan jabatannya lantaran ingin fokus mengurus anaknya yang sakit, yang kini telah tutup usia. Sementara itu keraguan atas Moreno sendiri ada lantaran pengalamannya yang minim, meski sejatinya menawarkan suatu yang tak jauh berbeda.

Seperti lawan Malta, Spanyol saat ini tampil trengginas dengan permainan luar biasa. Strategi pelatih 42 tahun mirip dengan Enrique sebab karier kepelatihan yang lalu (termasuk di timnas) adalah asisten pelatih dari entrenador 49 tahun. Kini di sisa peluang yang ada sebelum habis kontrak, termasuk menjamu Rumania, ia akan memberi bukti bahwa La Roja bisa dipercaya.*** TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

D
Penulis
Dini Wulandari