news
LIGA INTERNASIONAL
Rep. Irlandia, Denmark, dan Swiss Saling Pukul di Grup D
15 November 2019 13:25 WIB
berita
Penyerang timnas Rep. Irlandia, David McGoldrick (kedua dari kanan), merayakan gol saat melawan Swiss di Grup D kualifikasi Piala Eropa 2020, 5 September lalu.
KOPENHAGEN – Republik Irlandia (12 poin), Denmark (12), dan Swiss (11) hanya dipisahkan satu poin di tiga besar Grup D kualifikasi Piala Eropa 2020. Denmark bisa lolos langsung jika mengalahkan Gibraltar, Jumat (15/11), tetapi pada waktu bersamaan Swiss harus takluk di tangan Georgia.

Swiss bisa memastikan tiket ke putaran final Piala Eropa 2020 bila mampu mengalahkan Georgia dan Denmark tidak mampumengalahkan Gibraltar. Baik Denmark maupun Swiss sama-sama bisa menempuh jalur play-off bila tidak memenuhi syarat di kualifikasi. Denmark ke play-off karena menjuarai Grup B4 Liga Negara-negara Eropa (LNE) sementara Swiss kampiun Grup A2 LNE.




Baca Juga :
- Denmark Masih Punya Masalah meski Lolos ke Piala Eropa 2020
- Striker Muda MU Ini Kembali Tajam




Lalu, bagaimana dengan peluang Republik Irlandia? Bila mampu mengalahkan Denmark, Senin nanti, poin skuat pelatih Mike McCarthy akan sama dengan negara Skandinavia itu. Tentu dengan asumsi malam nanti Denmark bisa melibas Gibraltar. Jika skenario itu semua terjadi, Rep. Irlandia akan unggul head-to-head atas Denmark (karena imbang 1-1 di kandang Denmark) tetapi tidak dengan Swiss. Seperti Denmark dan Swiss, Irlandia juga memiliki tiket play-off.

Denmark pernah mempermalukan Rep. Irlandia 5-1 dalam kunjungan terakhir ke Dublin dalam laga play-off kualifikasi Piala Dunia 2018 pada 14 November 2017. Tapi, pelatih Age Hareide menepis kemungkinan tim asuhannya bakal mengulang sukses yang dalam kunjungan mereka kali ini.


Baca Juga :
- Prancis Meningkat dari Sisi Teknik
- Sterling Penyerang Terbaik Eropa saat Ini


Hareide memprediksi Rep. Irlandia akan kembali bermain hati-hati saat menjamu Denmark seperti dalam pertemuan pertama kedua tim di Kopenhagen 7 Juni lalu. Saat itu, The Green Army sempat kebobolan lebih dulu sebelum menyamakan skor lewat gol Shane Duffy lima menit jelang peluit akhir. Karenanya, Hareide menolak sesumbar.

“Tidak,” kata pelatih asal Norwegia itu saat ditanya apakah dia yakin timnya bakal menang atas Rep. Irlandia di Dublin nanti. “Irlandia adalah tim yang jauh lebih kuat saat ini. Pertahanan mereka sulit dibongkar dan bisa memukul di saat-saat akhir seperti di Kopenhagen. Mereka tak banyak mencetak gol, tapi juga tidak banyak kebobolan.”*TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...
T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news