news
INFOGRAFIS
Transformasi Ryuji Utomo: Kecerdikan Edson Tavares Membaca Potensi
14 November 2019 13:33 WIB
berita
Bek Persija Ryuji Utomo direposisi menjadi gelandang bertahan - TopSkor/Ady Sesotya
JAKARTA – Secara perlahan tapi pasti, Persija mulai merangkak naik ke papan tengah klasemen sementara Liga 1 2019. Ini tak lain berkat sejumlah perubahan yang dilakukan Edson Tavares, pelatih Persija. Pria asal Brasil itu sejauh ini terbukti bisa meningkatkan kinerja dan kepercayaan diri tim.

Ia juga berhasil menyentuh psikologis pemain, untuk bermain sepenuh hati diikuti daya juang tinggi. Fisik pemain untuk berlari sepanjang 90 menit pun tak lagi jadi persoalan. Dalam menentukan 11 starter awal, Tavares juga tidak monoton. Pria 63 tahun ini sangat jeli membaca potensi dan kelebihan pemain.




Baca Juga :
- Dillian Whyte Pamer Transformasi Tubuh Jelang Pertarungan Melawan Petinju Berbahaya Rusia
- Mertens Lewat, Chelsea Malah Bisa Lebih Cocok dengan Striker AS Monaco Ini tapi Bayar!


Salah satu contohnya, ia berani menurunkan Joan Tomas Campasol sebagai starter saat melawan Tira Persikabo, dan menyimpan Riko Simanjuntak. Padahal, ada banyak kritik yang dilontarkan fan klub terkait performa gelandang asal Spanyol tersebut. Tavares tak peduli dengan kritik yang tidak membangun.

“Saya pikir semua pemain baru pasti memiliki masalah. Seperti adaptasi dengan makanan, cuaca, dan kultur di sini (Jakarta dan Indonesia),” kata Tavares. “Apalagi banyak orang yang mengomentari. Tapi saya pastikan secara perlahan dia (Joan Tomas) ada perubahan positif, karena kita tahu dia punya kualitas.”


Baca Juga :
- Young Guns Inter! Giliran Conte Jajal Salcedo tapi Esposito Harus Dipinjamkan Dulu
- Selangkah Lagi Rangnick ke Milan, Ini Kesepakatannya dan Ada Syarat untuk Ibrahimovic


Kunci sukses lainnya, dan ini yang paling kentara, adalah kecerdikan Tavares menempatkan Ryuji Utomo sebagai gelandang bertahan di lini tengah. Transformasi Ryuji ini pertama kali dilakukan saat melawan Tira Persikabo. Ryuji sukses menjalankan peran barunya, dan Persija unggul 2-0.

Berkat kesuksesan tersebut, Ryuji kembali  diturunkan sebagai gelandang jangkar yang tugas utamanya merusak irama permainan lawan saat menghadapi Semen Padang FC. Tidak hanya membuat lini tengah Persija seimbang, Ryuji bahkan menjadi penyelamat tim dari kekalahan, lewat golnya pada awal babak kedua.

Gol itu, untuk sementara menjadikannya sebagai bek tersubur Persija dengan torehan dua gol. Dinilai sukses sebagai gelandang, Tavares kemudian kembali mempercayakan satu tempat di lini tengah kepada pemain berusia 25 tahun tersebut, kala Persija unggul 4-2 atas Borneo FC, Senin (11/11) lalu.

Mencadangkan Ruji memang dilematis. Potensinya sebagai pemain bertahan sayang untuk dikesampingkan. Tetapi memainkannya sebagai bek tengah belum ideal. Duet Xandao dan Fachrudin Ariyanto sulit dipecah, jika keduanya tak mengalami kendala. Belum lagi ada Maman Abdurahman yang jauh lebih berpengalaman.

Sebagai bek tengah termuda di dalam tim, diluar Al Hamra Hehanussa, Ryuji tampaknya masih butuh waktu untuk reguler bermain sebagai bek tengah. Pasalnya, saat dipercaya mengisi pos bek tengah, pada era Ivan Kolev dan Julio Banuelos, tak jarang eks PTT Rayong, itu tampil gegabah yang membuat Persija kebobolan.

Sayangnya, Ryuji dipastikan absen saat Persija melakoni partai tunda pekan ke-22, melawan Persela di Stadion Wibawa Mukti, Jumat (15/11). Ryuji harus menjalani larangan bermain akibat akumulasi kartu kuning. Selain Ryuji, kapten Andritany Ardhiyasa juga absen karena membela timnas Indonesia.

Sedanngkan Rohit Chand Takuri, yang juga mendapatkan panggilan membela timnas Nepal, diyakini masih bisa tampil. Pasalnya, Nepal baru akan bertanding melawan Kuwait pada 19 November. Sementara itu, kondisi Rezaldi Hehanussa dan Ramdani Lestaluhu, berangsur membaik.

“Bule (sapaan Rezaldi Hehanussa) sebelumnya diistirahatkan karena ia sempat mengalami nyeri setelah bermain di Padang yang lapangannya keras. Sementara Ramdani (Lestaluhu) sudah transisi untuk latihan bersama tim lagi,” kata dokter tim Persija, Donny Kurniawan, kemarin.*** Furqon Al Fauzi 

news
Penulis
Abdul Susila
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.