news
UMUM
Jangan Sampai PSSI Tersandera Makelar Pelatih Timnas
13 November 2019 12:00 WIB
berita
KUALA LUMPUR - Pencarian pelatih baru untuk menukangi pasukan timnas Indonesia semakin terang. PSSI sudah menjadwalkan akan bertemu dua calon pelatih asing yang diproyeksikan menangani tim Garuda yaitu Luis Milla (Spanyol) dan Shin Tae Yong (Korea Selatan).

Pertemuan itu rencananya akan dilakukan PSSI di Malaysia, bertepatan pasukan Garuda menjalani laga kelima pada Pra-Piala Dunia (PPD) 2022 melawan Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11) mendatang.




Baca Juga :
- Timnas U-19 Latihan Perdana, Begini Hasil Pantauan Pelatih Shin Tae Yong
- Liga 1 2020 Dua Wilayah? Ini Tanggapan Klub




Koordinator Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali berharap PSSI bisa bersikap professional dalam pencarian atau pemilihan pelatih timnas Indonesia yang baru nanti. Menurutnya, federasi juga harus mempunyai standar yang tinggi demi kemajuan timnas Indonesia.

 “Terpenting, kedua pelatih harus benar-benar bisa mamahami karakter pesepak bola Indonesia. Mereka tak sebatas melatih, tapi juga bisa dimaksimalkan sebagai scouting untuk pemain-pemain muda potensial Indonesia,” ujar Akmal kepada TopSkor.


Baca Juga :
- Liga TopSkor U-16: Grande Partita di Gunung Sindur
- Preview Liga TopSkor Transtama U-15: Papan Tengah Memanas


“Plus tentunya bila diikat kontrak harus ada adendum (ketentuan) yang bisa dievaluasi sewaktu-waktu. Melatih timnas Indonesia dengan target prestasi. Artinya bila tidak mampu memberikan prestasi di tengah jalan bisa diberhentikan dan sekali lagi jangan sampai PSSI tersandera para makelar pelatih timnas yang punya kepentingan,” tambahnya.

Sementara itu, sebanyak 22 pemain timnas Indonesia tiba di Kuala Lumpur, Malaysia pada, Selasa (12/11) siang. Sebenarnya, timnas akan berkekuatan 23 pemain, namun karena masalah paspor Muhammad Tahir batal berangkat.

Selain itu, salah satu pemain jangkar skuad garuda, Victor Igbonefo juga batal bertolak ke Malaysia karena mengalami cedera hamstring. Kekosongan posisi lini belakang itu digantikan oleh pemain Tira Persikabo, M Abduh Lestaluhu.

Anehnya lagi, pelatih timnas Simon McMenemy tidak ikut dalam rombongan ini. Padahal sebelumnya pelatih berkebangsaan Skotlandia itu sudah mendapat arahan khusus dari Ketua Umum (Ketum) PSSI Komjen Pol. Mochamad Iriawan agar tetap mendampingi tim ke Malaysia.

Namun, Kepala Media dan Hubungan Internasional PSSI Gatot Widakdo mengatakan Simon akan tetap hadir dalam laga nanti. “iya info yang saya dapat dia akan datang pas pertandingan,” ucapnya

Kedatangan timnas Indonesia di Malaysia, kemarin, disambut pengurus PSSI: Ketum Mochamad Iriawan yang didampingi Waketum PSSI Iwan Budianto dan Cucu Somantri serta Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria. Mereka memang sudah lebih dulu tiba di Kuala Lumpur untuk melakukan pertemuan bersama AFC.

Begitu tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, satu per satu pemain timnas dipeluk dan didoakan oleh Iwan Bule sapaan akrab Iriawan. Ia menginginkan pasukan Garuda berjuang dengan semangat tinggi hingga sisa pertandingan pada kualifikasi Piala Dunia nanti.

“Kami harap pemain berjuang keras demi meraih kemenangan melawan Malaysia. Laga ini harus menjadi momentum kebangkitan timnas Indonesia,” ujar Iwan Bule.

Sore harinya, skuat Garuda langsung menjalani latihan dengan dipimpin oleh asisten pelatih timnas Yeyen Tumena di lapangan PKNS, Shah Alam. Yeyen mengatakan latihan kemarin untuk memulihkan kondisi dan mematangkan taktikal bertahan. “Secara keseluruhan tidak ada masalah besar, kami masih mempunyai waktu yang cukup untuk maintaining kondisi semua pemain,” kata Yeyen.* NIZAR GALANG GANDHIMAR

 

 

 

Revisi data skuat

  • Victor Igbonefo ganti M Abduh Lestaluhu
  • Terus M Tahir dicoret.
loading...
R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news