news
UMUM
Putri Kaltim dan Putra Jabar Berbagi Emas Hoki
02 November 2019 20:04 WIB
berita
JAKARTA - Tim hoki Kalimantan Timur dan Jawa Barat berbagi medali emas Pra-Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Pada laga pamungkas di Lapangan Hoki Senayan,  Jakarta,  kedua daerah tersebut saling mengalahkan. 

Tim hoki putri Kaltim menekuk putri Jabar 1-0, Sabtu (2/11). Sejurus kemudian giliran tim putra Jabar yang mengalahkan Kaltim 2-1. 




Baca Juga :
- Gulat Pra PON: DKI, Jabar, Jatim, Kaltim & Kalsel Full-Team
- Derbi Jabar Milik Bandung United, Posisi Liestiadi Aman




"Alhamdulilah tim putri berhasil mengalahkan tim Jawa Barat dengan skor 1-0 dan otomatis emas kami bawa pulang. Sayangnya tim putra gagal meraih emas,  tapi tetap lolos ke PON Papua," ungkap Ketua Pengprov Federasi Hockey Indonesia (FHI) Kaltim, Najemuddin.

Pertandingan antara tim putra Jabar dan Kaltim berlangsung dalam tempo tinggi.  Kedua kubu membumbui dengan saling protes. Akibatnya sempat terjadi kericuhan kecil di pinggir lapangan yang melibatkan ofisial maupun pemain kedua pihak.


Baca Juga :
- Peserta Sirnas Jabar Tembus Ribuan
- SIWO Jabar Gelar Diskusi Sepak Bola Bersama PT Liga Indonesia Baru


"Benturan fisik itu biasa. Semangat hoki itu sportif. Selesai main mereka bersalaman," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP PHI)  Brigjen TNI Yus Adi Kamrullah. 

Kendati demikian tim putra-putri Jabar dan Kaltim berhak mengantongi tiket ke PON 2020 di Papua nanti. 

Menurut Yus Adi,  ada 9 tim putri dan 8 tim putra yang berhak tampil di pesta olahraga nasional nanti. Di sektor putra selain Jabar dan Kaltim ada DKI Jakarta,  Sulawesi Selatan,  Jawa Timur,  Sumatera Utara,  DI Yogyakarta,  dan Papua Barat. 

Sedangkan tim putri yang lolos selain Kaltim adalah Jabar,  DKI,  Sumatera Utara,  Papua Barat, Sulawesi Selatan,  Jatim,  Riau,  dan DI Yogyakarta. 

"Pra-PON ini jadi tolak ukur kekuatan tiap daerah.  Keseluruhan terjadi  peningkatan dari dari segi peraturan,  permainan, maupun teknis.  Ini buah dari Asian Games 2018 lalu.  Kami menebar hoki modern ke daerah,  tapi memang belum merata dalam menyerapnya, " ujar Yus Adi. *

Tim Yang Lolos ke PON 2020 Papua
Sektor Putra:
1. Jawa Barat
2. Kalimantan Timur
3. DKI Jakarta
4. Sulawesi Selatan
5. Jawa Timur
6. Sumatera Utara
7. DI Yogyakarta 
8. Papua Barat

Sektor Putri
1. Kalimantan Timur
2. Jawa Barat
3. DKI Jakarta
4. Sumatera Utara
5. Papua Barat
6. Sulawesi Selatan
7. Jawa Timur
8. Riau
9. DI Yogyakarta

loading...
news
Penulis
Suryansyah
news
news