news
LIGA SPANYOL
Pilar Tim! Gelandang Ini Minim Gol dan Assist tapi Punya DNA Barca yang Kuat
31 October 2019 16:45 WIB
berita
Arthur Melo saat melawan Slavia Praha di ajang Liga Champions. -TopSkor.Id/Istimewa-
BARCELONA – Setahun lalu, FC Barcelona kedatangan pemain baru yang diambil langsung dari klub Brasil, Gremio. Namanya Arthur Melo dan kini lebih sohor disebut Arthur. Waktu itu usianya masih 22 tahun dan kini tentunya 23 tahun. Di awal kedatangannya, banyak pihak yang menebak di mana Arthur akan bermain.

Dia bilang, pokoknya di semua area di lini tengah, dia bisa nyaman bermain. Setahun berlalu, Arthur tidak bergelimang gol. Raihan golnya minim sekali. Di musim lalu tanpa gol meski tampil di 27 laga. Baru mencetak gol dua kali di musim 2019/20 ini. Assist juga tidak pernah. Secara statistik, Arthur bisa dinilai jelek.




Baca Juga :
- Cristiano Ronaldo Akan Tetap Dibicarakan Publik Sepak Bola hingga 300 Tahun yang Akan Datang
- Gattuso TIdak Tertipu dengan Hasil 6-0, Apalagi Dijadikan sebagai Modal lawan Juventus


Tapi, saat melihat aspek lain dari permainannya, semua sepakat kalau Arthur adalah pilar Barca untuk saat ini dan masa depan. Dia memakai nomor peninggalan Andres Iniesta tapi punya gaya bermain mirip Xavi Hernandez. Arthur berkontribusi bukan dengan gol dan assist tapi bagaimana dia menguasai bola.

Menggerakkan lini tengah dengan akurasi operan yang luar biasa. Tiap kali dimainkan, Arthur punya rata-rata akurasi operan mencapai 93 persen. Untuk dribel pun sangat sedikit. Arthur lebih berperan sebagai pengatur permainan dengan mengarahkan bola ke pemain yang tepat.


Baca Juga :
- Dua Gol ke Gawang Roma Membuat Ronaldo Cetak Gol Ke-450 di Liga Besar Eropa
- Inter Menang 4-3 atas Fiorentina, Dua Gol Terakhir Dicetak dalam Momen yang Dramatis


Dari operannya itulah arah serangan Barca terbentuk. Terus seperti itu di sepanjang pertandingan. Saat tim diserang, Arthur mengubah fungsinya sebagai gelandang bertahan. Mencoba merebut bola dari pemain lawan atau memotong arah bola. Setelah bola dikuasai, langsung dioper ke pemain lain. DNA Barca seperti mengalir deras di tiap pembuluh darahnya.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!