news
LIGA SPANYOL
Odegaard Pemain Pinjaman Terbaik La Liga
31 October 2019 15:12 WIB
berita
Gelandang Sociedad, Martin Odegaard, makin menjanjikan musim ini.-Topskor/Ist
SAN SEBASTIAN – Penampilan Martin Odegaard selama menjalani masa peminjaman bersama Real Sociedad sejauh ini berjalan dengan baik. Ia menunjukkan permainan impresif dengan kualitas teknik luar biasa. Mutu yang ia pertontonkan tercermin dalam  statistik yang fantastis. Merujuk rapor itulah, Odegaard dinilai sebagai pemain pinjaman terbaik di LaLiga 2019/20.

Real Madrid selaku pemilik Odegaard nampaknya senang dengan perkembangan pemainnya itu selama bersama Sociedad. Txuri-urdin, julukan Sociedad, dirasa menjadi tempat yang tepat untuk tumbuh dan mengasah kemampuannya. Sociedad bisa memperlakukan Odegaard dengan sangat baik.




Baca Juga :
- El Clasico Barcelona vs Real Madrid: Koeman vs Zidane, Messi vs Ramos, Griezmann vs Benzema
- Sergio Ramos Pulih, Zidane Tekankan Madrid Taklukkan Barcelona


Ini juga tak lepas dengan dukungan dari pelatih Sociedad, Imanol Alguacil. Juru taktik asal Spanyol itu menerapkan metode-metode yang cocok dengan para pemainnya, termasuk Odegaard. Strategi atraktif yang dijalankan Imanol dan  karakteristik beberapa pilarnnya, semisal: Mikel Merino, Cristian Portu, Willian Jose, Alexander Isak, dan Mikel Oyarzabal secara tidak langsung menaikan kualitas permainan tim.

“Yang membuat saya terkejut adalah cara berlatihnya (Odegaard) dari hari ke hari,” ujar Imanol. Odegaard mungkin tak begitu spesial ketika menjalani masa pinjaman bersama Vitesse Arnhem musim lalu, tetapi musim ini iaterus mengalami perkembangan luar biasa.


Baca Juga :
- Dinilai Bapuk, Griezmann Belum Tentu Main di El Clasico
- Jelang El Clasico, Kedua Tim Sama-sama Sedang Terluka


Itu bisa dilihat melalui statistiknya di lapangan musim ini. Berdasarkan catatan yang diterbitkan oleh media asal Spanyol, Diario AS, gelandang serang asal Norwegia ini mencatatkan dua gol, tiga assist, 13 percobaan gol, 557 operan, dan 29 persentase berpartisipasi dalam gol. Selain itu apabila menengok pergerakannya melalui heatmap, Odegaard lebih sering membombardir pertahanan lawan dengan menyisir area tengah hingga kanan.

Pada rangkuman, Diario AS, Odegaard hebat ketika melakukan proteksi bola, operan, dan eksekusi bola mati. Berdasarkan data, Odegaard melakukan gerakan memutar ketika melindungi bola sebanyak 21 kali. Kemudian untuk operan, keberhasilannya akurasi mencapai 85 persen. Sementara kaki kiri menjadi keunggulan ketika mengeksekusi bola mati.

Bukan hanya Diario AS saja yang memuji kehebatan dari pemain berusia 20 tahun tersebut, media besar asal Spanyol lainnya, yakni Marca juga demikian. Marca bahkan menjadikan Odegaard sebagai pemain dengan status pinjaman terbaik di LaLiga musim ini. Odegaard mengalahkan sepuluh pemain lainnya. Penilainan ini dihitung berdasarkan penampilan di lapangan, seperti jumlah bermain, gol, assist, dan kontribusi kepada timnya masing-masing.

Dia mengalahkan Sergio Reguilon yang dipinjamakan ke Sevilla FC, Andre-Frank Zambo Anguissa (Villarreal CF), Pevis Estupinan (CA Osasuna), Marc Cucurella (Getafe CF), Yangel Herrera (Granada CF), Oscar Rodriguez (CD Leganes), Carlos Fernandez (Granada), Takefusa Kubo (RCD Mallorca), Rafinha Alcantara (Celta Vigo), dan Andriy Lunin (Leganes).* GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER

 

                                                               

D
Penulis
Dini Wulandari