news
LIGA EUROPA
Zaniolo Wakil Dzeko
24 October 2019 21:28 WIB
berita
Gelandang belia, Nicolo Zaniolo, makin penting di AS Roma.-Topskor.id/istimewa-
ROMA – Paulo Fonseca mendapat tantangan super berat pekan ini. Dengan stok pemain terbatas, pelatih AS Roma itu dituntut mesti membawa pulang poin dari pertandingan lawan Borussia Moenchengladbach, di Stadion Olimpico, Kamis (24/10). Penantang di Liga Europa itu berstatus sebagai pemuncak klasemen Bundesliga.

Bisa dibayangkan beban yang dipikul allenatore asal Portugal itu. Dia berharap timnya mampu tampil agresif, tapi dia hanya punya 17 amunisi yang bugar, di mana 10 berasal dari sektor pertahanan. 




Baca Juga :
- Belotti Menyamai Rekor Franco Ossola
- Friedkin Ingin Memimpin Roma Saat Derbi




“Situasi seperti ini baru saya alami. Musim lalu, dengan Shakhtar Donetsk, kami hanya memiliki empat pemain cedera. Bagi saya, ini kesialan tapi saya ingin para pemain mengerti perlunya perjuangan ekstra karena kami sedikit,” ujar Fonseca. “Ada banyak kesulitan dalam membangun sebuah skuad. Kita lihat saja nanti apakah saya akan mengganti skema. Gladbach adalah capolista Bundesliga, saya tidak mengharapkan pertandingan yang sama seperti lawan Atalanta.”

Dengan minimnya stok di lini depan, pelatih mesti kreatif memanfaatkan sumber daya yang ada. Pemain pun harus menyesuaikan diri dengan tugas yang diberikan.


Baca Juga :
- Misi Khusus Zaniolo di Firenze
- Jadwal Siaran Langsung Undian 32 Besar Liga Europa, Senin 16 Desember 2020


Edin Dzeko merupakan satu-satunya ujung tombak serangan yang tersisa, setelah Nikola Kalinic mengalami retak tulang kering. Karena striker jangkung itu sedang dalam proses pemulihan cedera tulang pipi, dia tidak bisa tampil garang. Sebisa mungkin pemain asal Bosnia-Herzegovina tersebut menghindari duel langsung dengan awak Die Fohlen.

Untuk memudahkan jalan Dzeko ke gawang, pelatih kemungkinan akan mengutus Nicolo Zaniolo sebagai pembantu. Gelandang remaja itu diproyeksikan sebagai penentu kelancaran manuver.

Dia didapuk sebagai pemain nomor sembilan palsu (falso nove) dan bermain lebih depan. Dalam hal ini, Zaniolo dapat memberikan acuan yang berbeda dari yang disuguhkan Dzeko. Karena barisan tengah hanya ada Jordan Veretout, eks pemain FC Internazionale itu bisa juga difungsikan sebagai mezzala kalau Roma ganti formasi, jadi 4-3-3. Fonseca mungkin bisa main dengan semua penyerang yang terus bergerak dan banyak pemain masuk ke area dari belakang.

Dalam situasi terdesak, I Giallorossi wajib meningkatkan ketebalan sektor belakang. Ya, target minimal mereka tidak kebobolan. Gianluca Mancini sudah kembali memperkuat jantung pertahanan. “Saya sedang mempelajari bagaimana mengawal lawan termasuk di zona penalti. Pelatih juga meminta agresivitas,” ucapnya.

Sama halnya dengan tuan rumah, Gladbach pun dibuat menderita oleh badai cedera. Ada tujuh pemain yang bermasalah dengan fisik, termasuk komandan di barisan pertahanan, Mathias Ginter, juga belum siap tampil setelah mengalami cedera bahu.

“Ginter ingin berada di Roma juga, tapi bahunya belum stabil,” pelatih Marco Reus menjelaskan. “Kami tahu pertandingan berikutnya tidak akan mudah. Kami harus berhadapan dengan Roma, lalu di kandang menjamu Frankfurt. Kami harus siaga dan fokus. Yang penting, regenerasi berjalan baik, mengambil pelajaran positif dan berjuang untuk poin penuh di Roma.”

Sementara itu, mereka bertolak ke ibu kota Italia tanpa kaptennya Lars Stindl. Striker tersebut sedang menjaga sang istri yang akan melahirkan anak kedua. Absennya Stindl membuat pelatih kembali memercayai Breel Embolo dan Marcus Thuram.*** Dari berbagai sumber 

 

AS Roma (4-2-3-1): 13 Pau Lopez; 37 Spinazzola, 23 Mancini, 6 Smalling, 11 Kolarov; 27 Pastore, 28 Veretout; 99 Kluivert, 22 Zaniolo, 24 Florenzi; 9 Dzeko

Pelatih : Paulo Fonseca

Cadangan : 83 Mirante, 5 Juan Jesus, 8 Perotti, 61 Calafiori, 48 Antonucci, 20 Fazio, 53 Riccardi

 

Moenchengladbach (4-3-2-1): 1 Sommer; 18 Lainer, 24 Jantschke, 30 Elvedi, 25 Bensebaini; 6 Kramer, 8 Zakaria, 32 Neuhaus; 7 Herrmann, 36 Embolo; 10 Thuram;

Pelatih : Marco Rose

Cadangan : 21 Sippel, 37 Bennetts, 22 Bennes, 21 Benger, 4 Doucoure, 34 Noss, 17 Wendt

loading...
X
Penulis
Xaveria Yunita
news
news