news
LIGA INTERNASIONAL
Gelandang Serang Dortmund Ini Jadi Momok Gladbach
21 October 2019 13:10 WIB
berita
Kapten dan penyerang Dortmund, Marco Reus (tengah), merayakan golnya ke gawang M’Gladbach bersama Achraf Hakimi (kiri) dan Thorgan Hazard, Sabtu (19/10).
DORTMUND - Borussia Dortmund akhirnya kembali merebut kemenangan di Bundesliga. Usai mengakhiri laga dengan skor 2-2 selama tiga kali berturut-turut, Sabtu (19/10) malam lalu Die Borussen berhasil mengalahkan tamunya yang juga pemimpin klasemen Bundesliga, Borussia Moenchengladbach, 1-0.

Tiga poin di Stadion Signal Iduna Park tersebut membuat Dortmund kembali ke jalur persaingan gelar Bundesliga. Dengan mengoleksi 15 poin dari delapan pertandingan, Tim asuhan Lucien Favre ini hanya terpaut satu poin dengan Gladbach dan SV Werder Bremen yang menduduki dua posisi teratas klasemen.




Baca Juga :
- Pelatih Bayern Muenchen Hansi Flick Yakin Lewandowski Bisa Memenangkan Ballon d' Or 2020
- Diisukan Kuat Bakal Hengkang, Hansi Flick Berharap David Alaba Pensiun di Bayern München


Mantan pemain Gladbach, Marco Reus, jadi pahlawan dengan mencetak satu-satunya gol kemenangan Dortmund. Gol ini menegaskan reputasi gelandang serang 30 tahun itu sebagai momok buat klub lamanya tersebut. Maklum, ini gol kelima yang dia bukukan dalam lima pertemuan terakhir dengan Die Fohlen.

Secara keseluruhan, Reus telah sembilan kali membobol gawang Gladbach dalam 12 pertemuan sejak dia hijrah ke Dortmund pada 2012. Gol-golnya juga selalu jadi garansi poin penuh bagi Die Borussen. Dalam kedelapan laga lawan Die Fohlen saat Reus mencetak gol, Dortmund selalu menang.


Baca Juga :
- Klopp Kirim Pesan, Jersey Merah Terlihat Bagus Dipakai Jadon Sancho
- Susi Sebut Jadon Sancho Hanya Lelah, Bukan Tak Fokus Bela Dortmund karena Manchester United


Sukses merobek gawang Gladbach juga menambah torehan Reus di Bundesliga menjadi 121 gol dalam 268 laga sejak debut pada Agustus 2009. Catatan ini menempatkannya di peringkat ke-30 daftar top scorer Bundesliga sepanjang masa sejajar beberapa legenda Jerman seperti Lothar Matthaeus dan Miroslav Klose. Tidak berlebihan jika harian Bild menyebutnya Riese Reus alias Raksasa Reus.

“Semua bisa melihat bahwa pertandingan ini bisa saja berakhir sebaliknya. Tapi, kami bermain agresif dan menciptakan sejumlah peluang yang membuahkan kemenangan,” kata Reus.

Kemenangan atas Gladbach jadi modal yang dibutuhkan Dortmund menghadapi jadwal padat di depan mata, memainkan enam laga dalam tiga pekan. Die Borussen akan memulainya dengan duel lawan FC Internazionale di San Siro pada fase grup Liga Champions, Rabu (23/10).

Tiga hari kemudian Dortmund akan bertandang ke markas FC Schalke 04 pada pekan kesembilan Bundesliga sebelum kembali menjamu Gladbach pada putaran kedua Piala Jerman, Rabu (30/10). Dalam sepekan berikutnya, Die Borussen akan memainkan dua laga Bundesliga, melawan VfL Wolfsburg dan FC Bayern Muenchen, serta satu laga kandang Liga Champions lawan Inter.

Sayang, kembalinya Dortmund ke jalur kemenangan di Bundesliga sedikit terganggu oleh kasus Jadon Sancho. Winger 19 tahun ini dicoret dari daftar pemain Die Borussen lawan Gladbach dengan alasan indisipliner. Dia dikabarkan telat kembali ke Dortmund usai membela tim nasional Inggris di kualifikasi Piala Eropa 2020 pekan lalu.

Namun begitu, Michael Zorc, Direktur Olahraga Dortmund, menyebut sanksi Sancho hanya berlaku lawan Gladbach. Sancho bakal kembali dimainkan lawan Inter, Rabu nanti.

Meski begitu, skuat Dortmund akan tetap bermasalah karena sejumlah pemain kunci kemungkinan besar absen karena cedera.  Kiper Roman Buerki harus ditarik keluar lebih awal lawan Gladbach karena mengalami masalah pada lututnya setelah berbenturan dengan Breel Embolo. Striker Paco Alcacer belum juga pulih dari cedera Achilles dan gelandang serang Mario Goetze tengah diserang flu.*** RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

 

T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho