news
UMUM
Tiara Andini Target Emas Downhill SEA Games 2019
16 October 2019 14:06 WIB
berita
Tiara Andini Prastika (Istimewa)
JAKARTA – Tiara Andini Prastika optimistis menyumbang emas dalam SEA Games XXX/2019 Filipina, 30 November-11 Desember mendatang. Kepercayaan diri pesepeda downhill putri Indonesia itu meningkat, menyusul serangkaian hasil positif selama dirinya mengikuti sejumlah lomba.

Terbaru, ia keluar sebagai juara umum kategori women elite 76 Indonesian Downhill 2019. Tampil dalam tiga seri, Tiara selalu finis terdepan. Misalnya pada putaran penutup di Ternadi Bike Park, Kudus, Jawa Tengah (Jateng), akhir pekan lalu, di mana ia menorehkan waktu 3 menit 55,060 detik.




Baca Juga :
- Persahabatan Tanpa Batas, Kemana Aja Loe Doel
- Plong! Maria Lawalata Dipulangkan dari Penjara, Persoalan Utangnya Berakhir Damai


Ia mengalahkan Ayu Triya Andriana yang juga diproyeksikan ke SEA Games dengan catatan 4 menit 10,077 detik. Hasil ini sekaligus membuat Tiara keluar sebagai pemuncak klasemen akhir 76 Indonesian Downhill dengan poin sempurna, 750. Ayu di urutan kedua dengan torehan 542 poin.

“Setelah ini, tak ada lagi kejuaraan yang saya ikuti. Jadi, saya akan fokus mempersiapkan diri untuk SEA Games. Yang paling utama melatih fisik tapi saya juga harus memperbaiki skill. Jika fisik meningkat, teknik juga harus diprebaiki agar semuanya seimbang,” kata Tiara kepada TopSkor.


Baca Juga :
- Pemanggilan Ryuji Utomo, Evan Dimas, dan Osvaldo Haay ke Timnas adalah Opsi yang Bagus
- Indonesia Perlu Bentuk Gugus Tugas Penyelamatan Olahraga Nasional


Sebelumnya, perempuan asal Semarang itu turun dalam Asian Mountain Bike Continental Championships yang berlangsung di Lebanon, 25-28 Juli lalu. Kala itu, Tiara menempati posisi ketiga dengan catatan waktu 4 menit 54,019 detik. kalah dari Vipavee Deekaballes dan Siraphatson Chatkamnoed.

Pembalap sepeda asal Thailand itu menempati posisi pertama dan kedua, masing-masing dengan 4 menit 27,742 detik serta 4 menit 43,420 detik. Tiara mengakui, Negeri Gajah Putih memang lawan terberat Indonesia di SEA Games. “Tapi, kurang lebih saya jadi tahu kekuatan mereka,” ia menambahkan. 

Untuk diketahui, Tiara memang diandalkan meraih emas SEA Games, seiring rekam jejaknya yang apik. Misalnya saat berlaga di Asian Games XVIII/2018, atlet kelahiran 22 Maret 1996 tersebut menjejak podium tertinggi. Tiara mencatat waktu 2 menit 33,056 detik sekaligus mengalahkan Vipavee Deekaballes.

Sedangkan posisi ketiga ketika itu ditempati wakil Indonesia lainnya, Nining Porwaningsih. “Atlet-atlet Thailand sudah terbiasa berlatih dengan trek yang lebih sulit. Tapi, saya optimistis karena selama ini terus berusaha untuk mengejar catatan waktu tercepat (atlet) di kategori putra,” Tiara menuturkan.

Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) menargetkan dua emas pada SEA Games 2019. Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi, Budi Saputra, menyebut peluang besar ada pada BMX dan downhill. Saat ini, semua atlet terus mempersiapkan diri agar maksimal saat berlaga di Filipina.*MUHAMMAD RAMDAN

L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati