news
INFOGRAFIS
Prediksi Timnas Swedia Vs Spanyol, Pastikan Lolos!
15 October 2019 15:56 WIB
berita
SOLNA – Tim nasional Spanyol bertekad memastikan kelolosan ke Piala Eropa 2020 pada duel Selasa (15/10) atau Rabu dini hari WIB. Mereka hanya butuh satu poin saat bertamu ke Swedia di matchday delapan kualifikasi Grup F. Di atas kertas, Spanyol lebih unggul ketimbang tuan rumah namun ada beberapa faktor yang membuat laga di Stadion Friends Arena nanti lebih kompleks. 

Spanyol datang membawa permasalahan di lini belakang sehingga eksperimen pun tidak terelakkan. La Roja, julukan Spanyol tidak bisa diperkuat sang kapten, Sergio Ramos. Ia yang mencatat rekor caps terbanyak di timnas (168 laga) saat lawan Norwegia harus absen akibat akumulasi tiga kartu kuning. 




Baca Juga :
- WAWANCARA EKSKLUSIF bersama Mahmoud Eid
- Manchester United Berpisah dengan Pogba, Balik ke Juventus atau Spanyol




Padahal, bek Real Madrid itu terus tak tergantikan posisinya. Akibatnya, pelatih Robert Moreno kini harus menentukan komposisi anyar untuk bisa menjaga solidnya pertahanan tim. 

Kemungkinan besar La Roja akan menduetkan Inigo Martinez dan Diego Llorente di jantung pertahanan untuk laga nanti. Keduanya merupakan pasangan terbaik yang tersedia jika dilihat stok lainnya di pemanggilan kali ini, sebab tersisa Raul Albiol dan Pau Torres.


Baca Juga :
- Prestasi Shin Taeyong, Investasi Miliaran Dolar Korea, dan Perluasan Pasar K-League 2020
- Shin Taeyong Ingin Pemain Timnas Miliki Jiwa Pejuang


Albiol memang dipercaya starter (dan tampil penuh) menemani Ramos di duel sebelumnya lawan Norwegia. Dirinya pun unggul perihal pengalaman. Akan tetapi bek yang sudah 34 tahun ini dianggap tidak memadai untuk bentrokan lawan Swedia sebab berpotensi punya intensitas tinggi. Sedang Torres terlalu berisiko sebab dirinya baru mencari debut.

Sebaliknya, Martinez-Llorente adalah bek yang terbentuk bersamaan, seperti pernah sama-sama membela Spanyol U-20. Pemain 28 dan 26 tahun ini juga sempat saling berbagi ruang ganti selama semusim saat membela Real Sociedad di 2017/18. Dan yang terpenting keduanya sedang dalam performa impresif di klubnya; Athletic Bilbao-Sociedad.

Meski belum pernah kalah (enam menang), faktanya Spanyol selalu gagal clean sheet (tak kemasukan) di tiga laga tandang terakhirnya; ke Kepulauan Faroe, Rumania, dan Norwegia. Meski begitu optimisme tetap dibawa oleh sang pelatih. “Kami akan mencoba menang di Solna sehingga bisa meraih poin maksimal. Tiap laga harus dimenangkan.” 

Berbagai perubahan di starting 11 kemungkinan juga akan dilakukan Moreno. Tak hanya eksperimen di jantung pertahanan, tapi juga ada rotasi pada bek sayap serta kiper. Sedang usai banyak bicara kekecewaan soal penguasaan bola yang jadi penyebab seri lawan Norwegia, di tengah ia akan memasangkan pemain yang kuat menahan dan memainkan bola.

Sementara di sisi lawannya, Swedia dalam kepercayaan diri tinggi. Selain tampil di depan publik sendiri, mereka berbekal kemenangan tandang 4-0 atas Malta, akhir pekan lalu. Bek tengah andalannya Victor Lindeloef pun sudah pulih dan bisa kembali ditampilkan untuk meredam agresivitas penyerang La Roja, bersama sang kapten Andreas Granqvist.

Dan di lini depan, sebagai ancaman utama, Aleksander Isak yang hanya jadi pengganti di laga sebelumnya siap memberikan ledakannya. “Tentu saya kecewa saat hanya jadi pengganti, tapi saya masih puas akan hasil tim. Saya bermain di Spanyol dan tahu persis sepak bola mereka, dan siapa yang akan dihadapi. Saya akan melakukan segalanya untuk menang,” kata striker Sociedad itu.*

loading...
T
Penulis
TSM
news
news