news
BASKET
Kawhi Leonard Memulai Petualangan dengan Clippers
04 October 2019 12:20 WIB
berita
Kawhi Leonard
HONOLULU – Kawhi Leonard akhirnya memulai petualangan bersama Los Angeles (LA) Clippers. Kamis (3/10), pemain 28 tahun itu terlihat sudah berlatih di Universitas Hawaii, Honolulu, di bawah arahan arsitek klub, Doc Rivers.

Keberadaannya di Clippers memang sangat ditunggu publik karena Leonard akan jadi harapan tim sekota LA Lakers tersebut. Sepanjang sejarah NBA, Clippers belum pernah merasakan nikmatnya mengangkat trofi Larry O’Brien.




Baca Juga :
- Pelatih Lakers Sebut Laga Kontra Clippers Seperti Laga Playoff
- Diragukan Tampil Kontra Clippers, LeBron dan Davis Tetap Ikut Latihan Lakers




Leonard dianggap sebagai solusi tepat lantaran mentalitasnya. Dua cincin juara sudah dikoleksinya. Pertama, NBA 2013/14, bersama San Antonio Spurs. Kedua, NBA 2018/19, saat masih berkostum Toronto Raptors.

Bahkan, musim lalu, Raptors mengalahkan dominator NBA dalam beberapa musim terakhir, Golden State Warriors dengan skor series 4-2. Rivers pun menyambut gembira bergabungnya Leonard dalam sesi latihan tersebut.


Baca Juga :
- Doc Rivers Tak Peduli dengan Laga Kontra Lakers, Lebih Peduli dengan Kebugaran Pemainnya
- Clippers dan Lakers Kembali Bertemu, Kawhi: Kedua Tim Sudah Berubah


Menurutnya, keberadaan Leonard membawa atmosfer positif ke dalam klub. “Rasanya sangat menyenangkan melihat Kawhi (Leonard) sudah berlatih,” ucap pelatih yang sukses membawa Boston Celtics juara NBA 2007/08 itu.

Pada sesi latihan, kemarin, Leonard terlihat sangat fit. Kondisi ini diharapkan bertahan hingga NBA 2019/2020 bergulir agar bisa langsung unjuk gigi. Apalagi, pada laga perdana, 22 Oktober mendatang, Clippers bertemu Lakers.

Dalam gim bertajuk Derbi Los Angeles itu, Leonard sangat dibutuhkan Clippers. Pasalnya, Paul George dipastikan absen karena harus operasi bahu. Eks pemain Indiana Pacers itu wajib menjalani pemulihan hingga November.

Kemenangan atas Lakers diyakini bakal membuat Clippers makin percaya diri. Maklum, musim ini, LeBron James akan bertandem dengan Anthony Davis. “Saya akan bekerja keras setiap hari untuk tim ini,” Leonard mengungkapkan.

Fase ini akan dijadikannya untuk beradaptasi. “Sejauh ini, semua (persiapan) berjalan dengan sangat hebat. Saya akan menikmati hari-hari awal bersama Clippers,” ujar pemain yang kembali mengusung nomor punggung dua itu.

Rivers kemungkinan langsung memainkan Leonard kala menghadapi Houston Rockets dalam pertandingan pramusim, Jumat (4/10) atau Sabtu pagi WIB. Jika benar, gim ini akan menarik karena Clippers dan Rockets berstatus unggulan. 

Mereka disebut sebagai kandidat kuat juara NBA 2019/20. Rockets yang awalnya terkesan lamban dalam perburuan pemain, sukses mendapatkan Russell Westbrook. Kolaborasinya bersama James Harden wajib diwaspadai seluruh tim.

Misalnya saat Rockets menjalani pramusim pertama lawan Shanghai Sharks, beberapa waktu lalu. Mike D’Antoni, sang pelatih, sengaja menyimpan Westbrook. Hadir di pinggir lapangan, pemain yang disapa Brodie itu terlihat memberi dukungan.

Merujuk pada laga itu, Harden hanya mampu membukukan 10 poin. Namun, secara umum, ia membuat triple-double karena sanggup menorehkan 12 rebound dan 17 assist. Rockets pun menang dengan skor mencolok, 141-70.

“Kami tahu, apa yang akan kami lakukan, musim ini. Saya paham, betapa besarnya ekspektasi publik terhadap tim ini. Tapi, sekarang, kami ingin menikmati proses dengan menjalani latihan sebaik-baiknya,” ujar Harden.

Yang juga tak kalah penting, menguatkan kerja sama dengan Westbrook yang akan menjadi rekannya, musim ini. “Kami terus berusaha membangun tim ini agar bisa menyatukan permainan,” Harden mengungkapkan.

Persaingan di Wilayah Barat dalam NBA 2019/20 dijamin keras. Tak hanya ada Clippers dan Rockets, Lakers jelas patut diwaspadai. Tak ketinggalan, Warriors. Meski ditinggal Kevin Durant, tim asuhan Steve Kerr ini tetap berbahaya.

Warriors masih memiliki Stephen Curry-Draymon Green-Klay Thompson. Penampilan ketiganya sudah terbukti mampu membawa klub yang identik dengan jersey biru-kuning itu mendominasi NBA dalam beberapa musim terakhir.

Apalagi, untuk musim baru, Warriors menambah kekuatan. Manajemen sukses mendatangkan D’Angelo Russell. Keberadaan empat pemain tersebut diyakini tak mengurangi kekuatan kolektor enam gelar juara tersebut.*KRISNA C. DHANESWARA DARI BERBAGAI SUMBER

loading...
L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati
news
news