news
INFOGRAFIS
Mudah, Ini Syarat Marquez Kunci Juara Dunia MotoGP
02 October 2019 15:40 WIB
berita
Marc Marquez (Istimewa).
BURIRAM – Pembalap Repsol Honda Marc Marquez siap merayakan gelar keenam MotoGP pada putaran ke-15 di Sirkuit Internasional Buriram, Thailand, Minggu (6/10). Ia hanya perlu finis di atas Andrea Dovizioso untuk mengamankan titel lebih awal karena hanya butuh tambahan dua poin.

Marquez memimpin klasemen dengan 300 poin atau unggul 98 angka dari Dovizioso yang ada di posisi kedua. Itu berarti, Marquez hanya perlu menambah dua angka agar membuat keunggulan 100 poin. Banyak yang memprediksi Marquez dapat melakukannya pada lomba berikutnya, akhir pekan ini.




Baca Juga :
- Corona Obok-obok MotoGP, Tim Satelit Dapat Bantuan Dana
- Bagnaia Sebut Balapan Motor di Dunia Virtual Lebih Sulit Ketimbang di Dunia Nyata


Dovizioso sebelumnya mengatakan, sulit menunda perayaan gelar Marquez. Terlebih, tahun lalu, pria asal Spanyol itu meraih kemenangan di Grand Prix (GP) Thailand. Meski kinerja terbaiknya telah kembali tapi pembalap Mission Winnow Ducati itu pesimistis mampu mengalahkan Marquez.

Pria 26 tahun itu memang tampil kuat sejak awal musim. Terlepas dari insiden di GP Amerika Serikat yang membuatnya gagal finis, dirinya selalu finis pertama dan kedua. RC213V yang semakin berkembang, tahun ini, membuat Marquez selalu tampil kompetitif dan konsisten di barisan depan.


Baca Juga :
- Marquez Bersaudara Ingin Cepat-cepat Kembali ke Lintasan Dunia Nyata
- Alex Marquez Menangkan Seri Pertama Balapan Virtual MotoGP


Meski begitu, Marquez tak ingin jemawa dan mengaku belum berpikir untuk berpesta di Thailand. “Kami memang ada di posisi teratas dengan selisih bagus. Namun, itu tak akan mengubah pendekatan kami di tiap lomba. Kami akan terus menekan dan berusaha,” kata Marquez seperti dilansir Gpone.com.

Kemenangan di Aragon, Minggu (15/9), memberinya motivasi besar bagi Marquez karena itu merupakan lomba kandang baginya. Ia pun menegaskan memiliki kepercayaan diri tinggi jelang GP Thailand. Terlebih ia memiliki peluang besar untuk merayakan gelar juara dunia di Sirkuit Internasional Buriram.

“Kami memiliki akhir pekan yang bagus di Aragon dan selalu menyenangkan bisa menang di rumah sendiri. Saya ingin membawa kepercayaan diri dan semangat yang didapat di Aragon untuk menghadapi lomba di Thailand. Kami berharap memiliki akhir pekan yang kuat mulai dari latihan bebas,” ujar Marquez.

Keinginannya untuk melakukan pendekatan yang sama di Thailand karena tahun lalu Marquez bertarung ketat dengan Dovizioso. Menurutnya, ada risiko kehilangan poin yang besar jika ia mengendurkan tekanan, akhir pekan ini. Pasalnya, rival lain seperti Yamaha dan Suzuki juga ingin mengalahkannya.

“Tahun lalu, kami bertarung ketat hingga tikungan terakhir dan sepertinya akan terulang. Perbedaannya, motor kami tahun ini lebih cepat dan di sana ada trek lurus yang cukup panjang. Kami harus memahami di mana level kami dan saya akan fokus untuk bisa naik podium di tiap lomba,” kata Marquez.

Sadar akan kesulitan yang mungkin dihadapi, Dovizioso menegaskan tak ingin menyerah. Ia yakin tampil baik di Thailand namun ingin teknisi mempersiapkan Desmosedici GP19 dengan baik. “Peluang kami untuk tidak membiarkan Marc memenangi gelar di Thailand, bagus. Jadi, kami akan mencoba,” ujarnya.*MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati
news
news