news
LIGA SPANYOL
Dominasi Madrid di Tim Terbaik FIFA Sarat Kontroversi
25 September 2019 13:01 WIB
berita
Madrid mendominasi Tim Terbaik the Best FIFA 2019 (inset), dengan keberadaan Sergio Ramos, Marcelo Vieira, Luka Modric, dan Eden Hazard.-Topskor/Ist
MILAN – Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah mengumumkan sejumlah penghargan bagi para pelaku sepak bola dalam acara yang diselenggarakan di Teater La Scala, Milan, Italia, Senin (23/9). Lionl Messi didapuk sebagai pesepak bola pria terbaik, sementara untuk pesepak bola wanita, Megan Rapinoe yang memenangkan penghargaan. Selain gelar individu, FIFA juga mengumumkan tim terbaik, di mana didominasi oleh beberapa pemain dari Liga Spanyol.

Ya, LaLiga menjadi penyumbang terbanyak dalam tim terbaik 2019 versi FIFA. Dalam skuat tersebut, setidaknya ada empat pemain dari Real Madrid dan dua dari FC Barcelona. Pemain-pemain Madrid yang terpilih diantaranya adalah Sergio Ramos, Marcelo Vieira, Luka Modric, dan Eden Hazard. Sementara dari Barcelona ada Messi dan Frenkie de Jong.




Baca Juga :
- Jadwal Pertandingan El Clasico Kedua Sudah Ditentukan
- Madrid Sudah Keruk Rp 748 Miliar Musim Ini, Begini Rinciannya




Selain nama-nama di atas, tim ini juga disi oleh sejumlah pemain-pemain hebat lainnya. Di sektor kiper ada Alisson Becker (Liverpool FC), bek: Matthijs De Ligt (AFC Ajax/Juventus FC) dan Virgil Van Dijk (Liverpool), Critiano Ronaldo (Juventus), dan Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain). Pemilihan para pilar-pilar ini dipertimbangkan berdasarkan musim 2018/19. Dari sepuluh pemain tersebut, hanya Ronaldo yang tidak hadir, lantaran sedang mengalami cedera.

 


Baca Juga :
- Eksperimen Tanpa Pemain Sayap, Madrid Taklukkan Valencia, Zidane Ungkap Rahasia
- Dikaitkan dengan Barcelona dan Real Madrid, Begini Kata Aubameyang: Emirates seperti Benteng


Kontroversi

FIFA menjelaskan bahwa pembentukanm ini dipilih secara adil. Mereka mempertimbangkan segala aspek dari pemain selama menjalani 2018/19. “Penghargaan diberikan berdasarkan performa, sikap secara keseluruhan, baik itu di luar maupun di lapangan,” ujar perwakilan dari FIFA. Namun sejumlah pihak justru menilai bahwa pembentukan tim terbaik versi FIFA ini sarat akan kontroversi.

Ya selain pemilihan Messi sebagai pemain terbaik, pembentukan tim terbaik juga menjadi bahan perdebatan. Sejumlah pihak menyayangkan keberadaan tiga pemain Madrid: Ramos, Marcelo, dan Modric. Ketiga pemain tersebut musim lalu dirasa tak menjalani musim yang baik, dan bahkan bisa dikatakan buruk.

Untuk Marcelo, posisinya sempat tergusur oleh Sergio Reguilon. Lalu Ramos menunjukkan sikap yang tidak profesional dengan sengaja menerima kartu kuning pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan Ajax.  Kemudian Modric permainannnya dirasa sudah jauh menurun.

Banyak yang berpendapat bahwa Kieran Trippier, Donny van de Beek, dan Andrew Robertson lebih layak  ketimbang tiga pemain tersebut. Selain itu Mbappe pun demikian. Meskipun pemilihannya masih bisa ditoleransi, tetapi sepertinya tempat tersebut lebih cocok diperuntukan kepada Mohamed Salah atau Sadio Mane.* GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER

 

Angka

10

Dengan terpilihnya tahun ini, maka Sergio Ramos telah masuk tim terbaik FIFA selama sepuluh kali.

 

 

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news