news
POMNAS
Sengit! Basket Putri Banten ke Final POMNAS, Setelah Jinakkan Permainan Cepat Jatim
23 September 2019 10:58 WIB
berita
Milania Angela dari Banten (kanan) saat berhadapan dengan Namira Ramandha dari Jawa Timur (kiri) (Foto: Topskor.id / Muhammad Pratama Supriyadillah)
JAKARTA - Pertandingan besar terjadi di semifinal cabang olahraga basket kategori putri Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2019. Menjadi yang pertama tampil pada Senin (23/9), Jawa Timur vs Banten menghadirkan permainan yang sengit.

Kejar-kejaran poin terjadi sejak awal pertandingan. Di babak pertama, jika Banten berhasil memimpin dengan jauh, Jatim langsung dengan cepat memperkecil ketertinggalan. Jika Banten mengandalkan shooter-shooternya untuk mencetak 3 poin, Jatim lebih mengandalkan kecepatan para pemainnya untuk mencetak lebih banyak 2 poin.




Baca Juga :
- Komentar Pelatih Timnas Basket Indonesia Usai Dikalahkan Filipina di Semifinal SEA Games 2019
- Sempat Imbangi Permainan, Indonesia Akhirnya Takluk dari Filipina di Semifinal Basket SEA Games




Babak pertama antara Jatim dan Banten bahkan berakhir dengan skor imbang, 30-30.

Di kuarter ketiga, tim asuhan Wellyanto Pribadi ini sempat memimpin dengan skor tipis 42-20. Namun, Banten yang diasuh oleh Fajar Kusumasari ini tak gentar.


Baca Juga :
- Medali Perak SEA Games 2019 Sebagai Momentum Perkembangan Basket 3x3 Indonesia
- Di Final Ketemu Filipina, Timnas 3x3 Putra Indonesia Dapat Medali Perak


Di kuarter keempat, kembali pertandingan berjalan sengit. Skor imbang 51-51 sampai sisa 1 setengah menit pertandingan, saat Banten mencetak 2 poin. Situasi genting ini langsung diredakan oleh pelatih Jatim dengan mengambil timeout, agar Banten kehilangan momentum.

Banten semakin menjauh di sisa 1 menit 12 detik. Salah passing dari Fransisca Inge, serta foul yang dilakukan olehnya ke penggawa Banten, Regita Pramesti, membuat skor berubah menjadi 51-55 untuk keunggulan Banten. Kembali, Jatim mengambil opsi timeout untuk sedikit meredakan ketegangan.

Namun, di sisa pertandingan, Jatim gagal mengejar ketertinggalan. banten pun mengakhiri pertandingan dengan skor tipis 55-57.

Kapten Banten, Regita Pramesti, sukses tampil gemilang. Tembakan tiga poin berturut-turutnya di kuarter pertama, membuat dirinya total mencetak 29 poin. Selai itu, dengan total 11 rebound, Regita sukses mencatatkan double-double.

Sementara itu, dari kubu Jatim, Faizzatus Shoimah juga sukses mencatatkan double-double, dengan 10 rebound dan 18 poin. Pebasket muda yang akrab disapa Ais ini juga bermain penuh selama 40 menit dalam pertandingan hari ini.

Dengan kemenangan ini, basket Banten putri sukses melangkah ke final POMNAS 2019. Sementara Jatim akan memperebutkan medali perunggu, dengan menghadapi Yogyakarta atau DKI Jakarta yang akan berlaga siang nanti. ***

loading...
M
Penulis
Muhammad Pratama Supriyadillah
news
news