news
LIGA INGGRIS
Klopp Cocok Latih Timnas Inggris
21 September 2019 14:10 WIB
berita
Pelatih Liverpool Juergen Klopp dianggap memiliki kapasitas untuk memimpin timnas Inggris di masa depan./AFP
LONDON – Juergen Klopp dipercaya mampu dan layak menangani timnas Inggris suatu hari nanti. Kepala jurnalis olahraga Daily Express, Neil Squires, memberi tip kepada pelatih Liverpool FC berkebangsaan Jerman itu untuk menyabet penghargaan tertinggi yang akan membuatnya memenuhi syarat menjadi pelatih The Three Lions.

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) akan mengungkapkan Pelatih Terbaik Dunia tahun ini pada Senin (23/9) nanti. Malam penghargaan akan diadakan di Milan. Dan, dari sederet calon peraih gelar, Liga Primer memiliki tiga wakil. Selain Klopp, dua lainnya adalah Josep Guardiola (Manchester City FC), Mauricio Pochettino (Tottenham Hotspur FC).




Baca Juga :
- Trofi Liga Champions Pertama Liverpool yang Ditandai sebagai Musim Terakhir Keegan
- Ozil Kirim Ucapan Selamat Idul Fitri Berbahasa Indonesia, Pogba, Salah Juga Lebaran


Guardiola, yang merebut trofi Liga Primer secara berurutan bersama Man. City dan Pochettino, yang mengantarkan Spurs mencapai final Liga Champions tanpa aktivitas transfer. Keduanya tidak diragukan lagi adalah juru taktik berkualitas. Walaupun pemenang potensial seharusnya, Klopp.

Dia, dengan kekuatan kepribadian dan manajemen manusia yang terampil, menciptakan tim yang fantastis di Merseyside. Setelah memenangi Liga Champions dan hanya kalah satu kali di Liga Primer 2018/19, awal Liverpool di liga domestik musim ini sangat impresif. Hingga pekan kelima, The Reds sukses menyapu bersih kemenangan.


Baca Juga :
- Fan Liverpool Ingin Marko Grujic Kembali ke Anfield
- Mohamed Salah: Lawan Congo Pertandingan Paling Sulit dalam Karier Saya


Kekalahan di Liga Champions dari SSC Napoli pada pertengahan pekan lalu memang kejutan yang tidak menyenangkan. Tetapi Liverpool terlihat sangat siap pada tahap awal musim ini untuk mengakhiri penantian 30 tahun demi meraih gelar di liga domestik sekaligus memutus dominasi Man. City.

Jika mampu melakukannya, Klopp akan mendapatkan pengakuan tertinggi sebagai pelatih Liverpool. Yang menarik, Gareth Southgate pun mengusung misi yang sama: memenangkan Piala Eropa 2020 bersama Inggris. Tentu keduanya bisa terus bekerja sampai kontrak mereka habis pada 2022 mendatang.

Hanya, jika memilik Klopp, itu akan bertentangan dengan preferensi FA yang lebih memilih pelatih dari dalam negeri. Namun, kalaupun terpaksa mencari pelatih asing, Klopp adalah kandidat terbaik. Menurut Squires,  Klopp merupakan sosok perfek untuk mengambil alih proyek Southgate di St. George’s Park.

Rekor Klopp menjadi bukti. Dia cerdas, tajam dan karismatik, hingga tak ada yang menyamainya. Dengan kehangatan dan antusiasme yang menular, pelatih 52 tahun ini disukai para pemain. Karakternya lebih pun terbuka daripada Southgate.

Seperti Southgate, Klopp akan jadi duta kehormatan untuk sepak bola Inggris. Dia sudah memiliki hubungan kerja yang erat dengan Trent Alexander-Arnold dan Joe Gomez - dua calon bek Inggris untuk dekade berikutnya. Dan para pemain The Three Lions dari klub lain akan antusias jika mendapatkan kesempatan bekerja dengannya.*NURUL IKA HIDAYATI

 

 

I
Penulis
I Gede Ardy E