news
UMUM
Ini yang Dilakukan Bima Sakti agar Timnas U-16 Rileks
18 September 2019 13:28 WIB
berita
CUACA cerah menyinari lapangan A kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Selasa (17/9) pagi. Di sana ada sekumpulan bocah dengan kompak mengenakan jersi berwarna hijau dengan lambang Garuda di dada.

Mereka tak lain adalah pasukan tempur Bima Sakti Tukiman. Timnas Indonesia U-16 yang tengah berjuang dalam Pra-Piala Asia (PPA) U-16 2020. Garuda Muda kembali menggelar latihan usai menang atas Filipina skor 4-0, dalam pertandingan perdana Grup G, Senin (16/9).




Baca Juga :
- Bocoran Taktik: Di Argentina, Dari 4 Tahun Dibina, Usia 8 Tahun Sudah Diambil Klub Besar di Kota
- Garuda Eleven Dramatis Membingkai Perjalanan dan Perjuangan Sekolah Sepak Bola yang Hampir Tutup


Suasana ceria terasa dalam latihan ini. Canda tawa dibalut keseriusan menjadi satu. Semua itu tampak ketika Marselino Ferdinan dan kawan-kawan menjalani instruksi Bima Sakti, serta staf pelatih, seperti Indriyanto Nugroho, Firmansyah, dan Markus Horison.

Rasanya ini bentuk recovery berbeda yang diterapkan oleh Bima Sakti. Eks pemain Persema Malang itu mengaku sengaja menjalankan pemulihan kondisi dengan situasi santai dengan penuh keceriaan.


Baca Juga :
- Begini Format Baru Pro Futsal League 2021
- Liga 1 Lanjut 1 Oktober, PT LIB Intens Komunikasi dengan Lima Tim


“Iya memang kami sengaja buat recovery ini lebih nyaman dan menyenangkan. Salah satunya agar mereka tidak merasa terbebani dengan kompetisi ini, agar mereka terus merasa enjoy,” kata Bima kepada TopSkor.

“Selebihnya karena mental anak-anak dengan umur seperti mereka masih belum stabil, kadang labil dan kangen orangtua. Ya kami (staf pelatih) harus buat suasana itu lebih santai dan kondisi mereka kembali bugar,” eks asisten Luis Milla ketika menangani timnas U-23 itu menambahkan.

Dalam sesi latihan kemarin, Bima Sakti memisahkan pemain yang bermain dan yang tidak turun ketika melawan Filipina. Para pemain yang dimainkan mendapat menu latihan recovery fisik, sedangkan yang tidak bermain mendapat menu latihan penguasaan bola serta penyelesaian akhir.

“Karena yang main 90 menit kemarin kami beri kebebasan untuk latihan recovery karena besok (hari ini) sudah main lagi,” ujar Bima. Sesi latihan tersebut berlangsung selama satu jam, dimulai pukul 08.00 WIB dan selesai pukul 09.00 WIB. “Pemain sangat antusias untuk memulihkan kondisi mereka masing,” ucap Bima.*SUMARGO PANGESTU

R
Penulis
Rizki Haerullah