news
LIGA 1
Hadapi Tira Persikabo, Persib Tampil Full Team
13 September 2019 14:58 WIB
berita
Pemain sayap Persib Febri Hariyadi diharapkan fit saat jumpa Tira Persikabo/Foto: Ady Sesotya
BANDUNG – Persib Bandung 100 persen siap membuka putaran kedua Liga 1 2019 saat melawat ke kandang Tira Persikabo Sabtu (14/9) di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Seluruh program tim asuhan Robert Rene Alberts itu sudah dituntaskan selama persiapan di Bandung dan berakhir Kamis.

Selanjutnya, seluruh skuat tinggal bertolak menuju Cibinong Jumat siang ini. Modal yang akan dibawa ke Pakansari pun tidak main-main. Ada taktik yang disiapkan Robert dengan berbagai alternatif. Ada juga strategi berbentuk kombinasi. Taktik alternatif yang akan dimainkan Robert disiapkan jika rencana awal meleset.




Baca Juga :
- Bek Persib Fabiano Beltrame Pulang ke Brasil, Robert Rene Alberts Tak Khawatir
- Liga 1 Masih Ditunda, Supardi Nasir Kembali Fokus ke Keluarga, Dampingi Anaknya Belajar Online


"Menghadapi Tira Persikabo kondisi tim diperkirakan sudah utuh. Ezechiel N’Douassel dan Febri Hariyadi sudah bisa bermain karena program mereka bersama tim nasional masing-masing sudah selesai 10 September lalu,” kata Robert, Kamis. 

Namun, pelatih 64 tahun itu mengaku belum tahu kondisi fisik keduanya. “Kami juga belum bisa memastikan, makanya kami siapkan berbagai taktik alternatif apabila memang kedua pemain itu tidak bisa tampil," Robert menambahkan.


Baca Juga :
- Pelatih Persib No Comment soal Rencana Kelanjutan Liga 1 Tahun Depan hingga Ada Surat Resmi
- Persib Tunggu Surat Resmi dari PSSI dan PT LIB soal Keputusan Melanjutkan Kompetisi Awal Tahun 2021


Yang jelas ditambahkan Robert, secara keseluruhan anak asuhnya dalam kondisi siap.  Bahkan katanya, Supardi Nasir dan kawan-kawan sudah tidak sabar menjajal Tira Persikabo setelah lama tidak bermain karena jeda kompetisi.

"Tidak masalah jika akhirnya N’Douassel terlambat bergabung. Tapi saya yakin, Jumat ini dia sudah berada di Indonesia. Kalaupun ia terlambat dan tidak bisa bermain, kami sudah siapkan alternatif lain, tapi saya tidak bisa sebutkan di sini," ujar pelatih asal Belanda itu.

Yang jelas, Robert berencana membawa hampir seluruh pemainnya ke Bogor. Tidak semua diturunkan tentunya. “Saya hanya ingin memberi kesempatan kepada pemain yang tidak diturunkan untuk menyaksikan pertandingan dan memetik pelajaran dari pertandingan lawan Tira,” Robert menuturkan.

Soal strategi kombinasi yang juga menjadi bagian untuk mengatasi Tira Persikabo, menurut Robert adalah strategi pemungkas apabila taktik alternatif menemui hambatan.  "Semua pasti akan penuh kejutan karena kita tahu Tira memiliki kekuatan. Maka itu kami harus siap segalanya, termasuk berbagao taktik itu," ujarnya.

Robert juga mengetahui kondisi Tira yang tidak optimal karena banyak pemainnya yang dipanggil ke timnas senior maupun junior, termasuk pemain asingnya. “Tentu situasi dan kondisi tersebut akan menjadi sebuah keuntungan bagi tim kami,” ujarnya.

Mengenai Febri, Robert menilai kemungkinannya bermain lebih besar daripada N’Douassel. Apalagi Febri sudah hadir dalam sesi latihan Kamis. “Febri seharusnya bisa main karena ia hanya cadangan saat di timnas. Namun yang pasti, baik Febri maupun N’Douassel sudah kami proyeksikan main lawan Tira," kata Robert.

Sementara itu gelandang Persib yang tengah naik daun, Abdul Aziz Luthfi Akbar, mengaku siap tampil penuh. Aziz yang dalam lima laga terakhir selalu mendapat kepercayaan penuh dari pelatih kepala, juga mulai menikmati sentuhan permainan Persib saat ini.

Setelah dipercaya Robert, pemain 25 tahun itu mengaku menemukan kepercayan diri sehingga merasa bentuk permainannya kembali seperti semula. “Saya siap jika kembali dipercaya menghadapi Tira. Semua kekurangan pada putaran pertama sudah saya evaluasi. Saya merasa sudah dapat  sentuhan, secara mental pun tidak masalah," ucap Aziz.*Arief Nugraha K

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id