news
LIGA ITALIA
Langkah Mundur Milan
19 August 2019 15:23 WIB
berita
CESENA – Ketika tim lain menunjukkan progres berjenjang dalam persiapan pramusim, AC Milan justru melangkah mundur. Skuat besutan Marco Giampaolo bahkan tak mampu mengoyak gawang AC Cesena, di Orogel Stadium, Sabtu (17/8) atau Minggu dini hari WIB.

Milan berhasil memaksakan skor 0-0 atas tim Seri C, itu pun berkat ketangkasan Gianluigi Donnarumma. Tak ada kontribusi penting dari para penyerang. Situasi menyedihkan ini tidak boleh dianggap remeh karena Seri A akan dibuka akhir pekan nanti. Sejauh ini, di musim panas, tim itu hanya menang sekali dari enam laga dan membukukan lima gol saja.




Baca Juga :
- Tampil Buruk, Milan Dikalahkan Genoa
- Ancaman dari Sayap Kiri Milan


I Rossoneri menemukan masalah lama di mana ada ketimpangan antara kualitas permainan yang dibangun dengan teror yang ditebarkan di area lawan.  Dengan kata lain, sangat sedikit bola yang ditembakkan ke gawang.

Status Krzysztof Piatek pun berubah dari pahlawan di tahun debutnya, menjadi pecundang sepanjang musim panas ini. Tak ada satu pun gol berhasil dibukukan dalam partai persahabatan. Tifosi khawatir kalau penyerang tersebut terkena kutukan nomor 9.


Baca Juga :
- Milan Konfirmasi Cedera Kjaer dan Saelemaekers
- Jelang Derbi Milan, Stefano Pioli Cari Tandem Baru untuk Ibrahimovic


Akhir pekan kemarin, pesepak bola asal Polandia itu sangat sulit diarahkan. Pergerakannya tidak sinkron dengan rekan setim, sering salah dalam menempatkan diri (sering berada di sisi gawang) dan aksinya kala mempertahankan bola mudah ditebak.

Pelatih pun membela Piatek yang dihujani kritik. “Saya tidak percaya takhayul. Piatek juga tidak berpikir nomor sembilan itu sial. Dari laporan yang diberikan, kami melihat indeks kelelahan yang sangat tinggi. Itu yang membuat performanya turun drastis dan membutuhkan upaya ekstra untuk menghilangkan itu,” kata Giampolo.

Problem lain yang terekspos adalah bola selalu dikembalikan ke belakang. Minim pergerakan pemain saat tidak memegang bola. Di sektor belakang khususnya di bagian sayap, Milan sering kalah jumlah dengan lawan.

Alhasil selama 45 menit awal, mereka hanya mendapat peluang dari tendangan bebas Suso dan aksi Alessio Romagnoli. Di periode berikutnya, Milan menguasai lapangan tapi tetap mengalami kemarau. Kesempatan untuk Lucas Paqueta digagalkan Federico Agliardi. Sedangkan sepasang bola yang sangat bagus tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh Andre Silva dan Samu Castillejo.

Giampaolo mesti menemukan obat mujarab untuk mengembalikan kualitas serangan. “Ada beberapa hal yang sedang kami kerjakan, tapi pendekatan tim cukup positif. Kami mesti melibatkan para pemain baru sehingga berpikir kolektif. Sudah cukup intepretasi yang salah. Permainan ambisius memerlukan waktu dan sikap keras kepala,” pelatih menuturkan.

Dalam pertandingan tersebut, apresiasi patut diberikan kepada Donnarumma karena sukses menghalau tembakan Karlo Butic. Sama halnya dengan Hakan Calhanoglu yang diturunkan sebagai gelandang dalam. Dia unjuk prestasi di depan barisan pertahanan.* Dari berbagai sumber

X
Penulis
Xaveria Yunita
news
news