news
TOP FEATURE OLIMPYC
Pacquiao, Juara Dunia 8 Kelas yang Santun dan Tak Pernah Berkata Kasar, Ini Saksi Hidupnya
01 August 2019 16:05 WIB
berita
Manny Pacquiao dan istrinya, Jinkee Jamora. -TopSkor.Id/Istimewa-
TINJU olahraga keras. Kekuatan mental jadi modal selain fisik dan teknik yang prima. Ujian bagi kekuatan mental biasanya tergambar dari seberapa tahan seorang petinju mengatasi perang urat syaraf yang dilancarkan sebelum pertarungan. Senjata paling lazim adalah berbagai komentar pedas.

Hampir semua juara dunia mengeluarkan kalimat yang sangat tak menyenangkan untuk lawan mereka. Menyerang duluan sebelum pertarungan untuk meruntuhkan mental lawan. Inilah yang dilakukan Keith Thurman sebelum naik ring untuk melawan Manny Pacquiao. Bahkan, Thurman berani berkata langsung di depan muka Pacquiao.




Baca Juga :
- Kalahkan Bodo/Glimt, Milan Ketemu Rio Ave di Babak Play-off, Pioli Samakan Catatan Ancelotti
- Waduh! Ibrahimovic Kena Covid 19 Ketularan Leo Duarte, Langsung Karantina Mandiri


Pada awal tahun, itu pula yang dilakukan Adrien Broner sebelum dikalahkan oleh Pacquiao. Salah satu pelatih Pacquiao, Freddy Roach pernah menyampaikan kalau semua lawan Pacquiao pasti menyerang terlebih dahulu lewat kalimat pedas. Namun pada akhirnya, Pacquiao yang menang.

Kebiasan berkomentar sampah itulah yang jadi pembeda antara para petinju tersebut dengan Pacquiao. Sang legenda yang pernah jadi juara dunia di delapan kelas yang berbeda itu tidak pernah berkata kasar. Pacquiao selalu tersenyum dan membalasnya dengan kalimat normatif.


Baca Juga :
- Respek! Kata Conte, Latihan Makin Semangat jika Dilihat Langsung oleh Zanetti
- Conte Larang Bek Tengah Muda Ini Dipinjamkan karena Ranocchia Mau Pergi, Ini untuk Jaga-jaga


“Dia bahkan tidak pernah meninggikan suaranya,” kata Jinkee Jamora Pacquiao, istri sang legenda. "Saya juga tak pernah mendengar dia berkata kasar.” Pacquiao menikahi Jinkee pada tahun 2000 dan sudah dikaruniai lima orang anak. Setidaknya, selama 19 tahun usia pernikahan mereka, Jinkee menilai suaminya adalah seorang juara dunia yang santun.

Usai di-bully habis oleh Thurman di depan mukanya di sebuah siaran, Pacquiao hanya berkata, ”Semua yang diucapkan bagus untuk saya karena saya makin termotivasi untuk berlatih sangat keras.” Itu saja yang disampaikan dan akhirnya berbagai tonjokan Pacquiao yang membungkam mulut Thurman.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!