news
LIGA SPANYOL
Empat Gelandang Tangguh Sevilla
31 July 2019 13:55 WIB
berita
Empat gelandang baru didatangkan Sevilla untuk memperbarui mesin tim: Oliver Torres, Joan Jordan, Fernando Reges, dan Nemanja Gudelj (ki-ka).-Topskor/Ist
SEVILLA – Sejak kembali menjabat sebagai Direktur Olahraga Sevilla FC, Monchi Rodriguez sudah memiliki ide dan gagasan kuat untuk pembangunan skuat. Yang paling difokuskan olehnya adalah lini tengah. Monchi ingin Sevilla memiliki gelandang tangguh dan berkualitas. Oleh karena itu dia mendatangkan Fernando Reges, Joan Jordan, Oliver Torres dan Nemanja Gudelj.

Ya, lini tengah merupakan pusat andalan dari permainan Sevilla. Dibutuhkan pemain yang memiliki visi bermain bagus agar distribusi bola bisa lancar. Tiga pemain: Fernando, Jordan, dan Oliver telah dicoba. Sementara Gudelj yang merupakan rekrutan terakhir masih perlu diraba kualitasnya.




Baca Juga :
- Sevilla-Roma Dipastikan Tanpa Penonton
- Sevilla Cerminan Atletico


Fernando dibeli dari Galatasaray SK seharga 4,5 juta euro (sekitar Rp70 miliar). Pemain  Brasil ini diplot sebagai pivot atau gelandang bertahan. Fernando merupakan tipikal gelandang penjemput bola, tetapi juga bisa dijadikan sebagai gelandang tengah. Pilar 32 tahun ini memberikan keseimbangan di area pusat Los Nervionenses, julukan Sevilla, ketika Julen Lopetegui (pelatih Sevilla) menggunakan 4-3-3. Fernando juga mahir ketika mendistribusikan bola.

Gudelj merupakan pemain yang dibeli Monchi untuk memberikan persaingan kepada Fernando. Pemain asal Serbia ini didatangkan dari Guangzhou Evergrande, tetapi musim lalu dipinjamkan ke Sporting CP (bermain 43 laga di semua ajang). Gudelj juga sebelumnya pernah membela tiga tim Belanda NAC Breda (2009-2013), AZ Alkmaar (2013-2015), dan AFC Ajax (2015-2017). Monchi melihat pemain ini punya fisik ideal (tinggi 187 cm) serta memiliki pemahaman terhadap taktik sepak bola cukup dalam.


Baca Juga :
- Sevilla Kini Jago Tandang
- Sevilla Sempurna! Selangkah Lagi Lolos ke 16 Besar Liga Europa


Fernando dan Gudelj bisa menjadi pemain ideal bagi Sevilla. Namun, jika ada pemain yang kenyang pengalaman di La Liga, maka ia adalah Jordan. Pemain kelahiran Katalunya, Spanyol ini dibeli dari SD Eibar seharga 13 juta euro. Sebelum memperkuat Eibar, Jordan pernah membela RCD Espanyol (2014-2017) dan Real Valladolid (2016/17). Selama menjalani pramusim, Jordan menunjukan penampilan yang positif.

Dia lihai dalam melakukan distribusi umpan-umpan pendek dan penempatan bola. Ketika melawan FC Dallas Jordan mencetak satu gol melalui tendangan bebas terukur. Jordan juga mampu memahami strategi yang dijalankan oleh Lopetegui dengan baik.

Sementara itu untuk Torres, Monchi melihatnya sebagai pemain yang kreatif. Usianya baru 24 tahun, dan ia berhasrat untuk menaikan levelnya bersama Sevilla. Selama pramusim Torres terlihat nyaman dengan sistem yang dibuat oleh Lopetegui. Musim lalu ketika bermain di FC Porto, Torres memainkan 39 laga di semua ajang serta mencetak dua gol dan tujuh assist. Klub memiliki rencana untuk menjadikannya sebagai penerus dari Ever Banega di masa yang akan datang.

Namun untuk saat ini, Torres nampaknya harus sedikit bersabar karena Banega masih memiliki peran penting dalam  proyek yang diusung Monchi dan Lopetegui. Awalnya gelandang asal Argentina tersebut akan dilepas, namun melihat apa yang ia tunjukan di pramusim, klub mengurungkan niatnya. Los Nervionenses ingin mengeluarkan kemampuan terbaik Banega dan memanfaatkannya.*CR5

 

 

                                                                                       

D
Penulis
Dini Wulandari
news
news