news
LIGA SPANYOL
La Liga Kelebihan 32 Pemain
19 July 2019 13:59 WIB
berita
Sociedad menjadi satu dari tiga tim La Liga yang mengalami surplus pemain. Mereka banyak mendatangkan tenaga baru musim panas ini.-Topskor/Ist
MADRID – Sebulan jelang digelarnya La Liga 2019/20, kompetisi Elite Spanyol ini masih kelebihan 32 pemain. Saat ini, ada 532 pemain yang masih terikat kontrak dengan 20 klub peserta La Liga. Kendati begitu, jika dibandingkan dengan tiga liga top Eropa lainnya, surplus pemain La Liga menjadi yang terendah.

Seri A Italia merupakan yang tertinggi dalam permasalahan ini. Mereka kelebihan 136 pemain, sementara Liga Primer Inggris mencapai 72, dan Ligue 1 Prancis (40). Sementara Bundesliga Jerman tidak masuk hitungan karena di sana tidak ada batasan 25 pemain per tim.




Baca Juga :
- Jornada 34 LaLiga: Real Madrid Makin Dekat dengan Gelar Juara, serta Beberapa Laga Seru di Papan Atas dan Bawah Klasemen
- Bilbao vs Real Madrid: Laga Klasik yang Dapat Tentukan Persaingan Gelar


Untuk klub-klub La Liga, mereka masih punya waktu hingga 2 September agar segera mengurangi jumlah skuatnya. Sementara Inggris dan Italia lebiih cepat karena bursa transfer mereka ditutup pada 8 Agustus, meski penjualan masih akan terus berlangsung hingga 2 September.

Tetapi tetap ada kekhawatiran yang dirasakan pelatih begitu La Liga dimulai (16 Agustus). Mereka takut terkena virus “Rivaldazo”, yakni penebusan klausul pemain oleh klub pesaing di hari terakhir penutupan bursa. Hal ini sempat terjadi ketika FC Barcelona mendatangkan Rivaldo, dan Deportivo La Coruna selaku klub milik Rivaldo tak bisa mencari pengganti karena tidak ada waktu lagi.


Baca Juga :
- Tumbangkan Getafe, Real Madrid Perlebar Jarak dengan Barcelona
- Panas! Ramos Peringatkan Pique untuk Tak Cari Alasan Usai Mengeluh Madrid Dibantu Wasit


Sejauh ada 14 tim La Liga yang mengalami surplus pemain, dengan Real Madrid, Sevilla FC, dan Deportivo Alaves yang paling banyak. Mereka harus membuang enam pemain karena di skuatnya saat ini terisi 31 pemain. Sociedad yang juga aktif mendatangkan pemain juga kelebihan lima. 

Menumpuknya pemain di tim-tim La Liga sekarang ini merupakan efek dari aktivitas belanja tinggi  klub. Berdasarkan statistis, mereka telah menghabiskan 1 miliar euro (sekitar Rp15 triliun) untuk belanja pemain. Namun menurut situs Transfermarkt angkanya lebih tinggi lagi, yakni 1.114 miliar.

Total dari dari pengeluan klub-klub La Liga tersebut mengalahkan jumlah yang dihabiskan oleh liga-liga top Eropa lainnya, semisal: Seri A (811,5 juta), Liga Primer (702,7), Bundesliga (532,7), dan Ligue 1 (281,9).

Jika diakumulasikan pengeluaran yang dihabiskan oleh Madrid merupakan yang tertinggi di La Liga saat ini. Los Blancos membeli lima pemain (Hazard, Luka Jovic, Eder Militao, Ferland Mendy, dan Rodrygo Goes) dan totalnya mencapai 303 juta euro.

Sementara diurutan kedua ada Barcelona dengan 237 juta dari pembelian lima pemain (Griezmann, Frenkie De Jong, Neto Murara, Emerson Junior, dan Marc Cucurella). Dan yang terakhir Atletico, dari enam pemain (Félix, Marcos Llorente, Kieran Trippier, Felipe Monteiro, Renan Lodi dan Ivan Saponjic) terkumpul sebanayak 218 juta. *CR5

 

D
Penulis
Dini Wulandari