news
UMUM
McIlroy dalam Motivasi Tinggi di The Open 2019
19 July 2019 13:35 WIB
berita
Rory McIlroy
ANTRIM – Rory McIlroy bakal menjadi sorotan dalam The Open Championship 2019. Tampil sebagai wakil tuan rumah, pegolf 30 tahun itu akan habis-habisan selama berlaga dalam turnamen mayor penutup musim tersebut. Ya, McIlroy bertekad mengangkat trofi di Royal Portrush Golf Club, County Antrim, Irlandia Utara, 18-21 Juli.

Untuk kali pertama dalam 68 tahun, The Open kembali menyambangi kampung halaman McIlroy. Secara keseluruhan, ini juga pertama sejak 1951, The Open digelar di luar Inggris dan Skotlandia. McIlroy pun tak ingin meyia-nyiakan momentum tersebut untuk menjuarai The Open edisi kali ini.




Baca Juga :
- Shane Lowry Juara The Open 2019
- Koepka Tertatih di The Open 2019


Salah satu alasannya, McIlroy punya catatan apik di Royal Portrush Golf Club. Hingga saat ini, pria yang lahir 4 Mei 1989 itu masih memegang rekor sebagai pegolf dengan pukulan terendah. Pada 2005 atau 14 tahun silam, McIlroy pernah mencetak 61 pukulan di padang golf karya Harry Colt itu.

McIlroy dan Royal Portrush Golf Club seperti memiliki ikatan. Betapa tidak, suami Erica Stoll itu sudah beratih di lapangan ini sejak usia 10 tahun. Lebih dari itu, McIlroy juga tampil bersama caddy berpengalaman, Harry Diamond. Namun, peraih empat titel mayor tersebut enggan sesumbar.


Baca Juga :
- McIlroy Harus Kerja Keras di The Open 2019
-


“Saya dari Irlandia Utara dan bermain di rumah sendiri. Tapi, saya tak melihat diri saya sebagai pusat perhatian,” kata McIlroy. “Ini tempat yang hebat. Tak peduli siapa yang main dan dari mana mereka berasal. Bisa tampil di lapangan ini lagi, saya pikir adalah hal yang luar biasa,” tutur McIlroy.

Sepanjang musim ini, penampilannya juga cukup apik. McIlroy telah mengoleksi dua gelar, masing-masing The Players Championship (14-17 Maret) dan Kanada Terbuka (6-9 Juni). Merujuk pada performa saat ini, bukan tidak mungkin dirinya meraih titel ketiga musim ini di Royal Portrush Golf Club.

Bila hal ini terealisasi, McIlroy bakal menyamai rekor Jack Nicklaus yang dibuat pada 1978 dengan menjuarai The Players dan The Open. Sepanjang karier, McIlroy tercatat satu kali meraih titel The Open, tepatnya 2014 atau saat event ini digelar di Royal Liverpool Golf Club, Inggris dengan skor 271 (-17).

Setelah kemenangan itu, McIlroy belum lagi mengangkat Claret Jug, sebutan untuk trofi The Open. Namun, pegolf berpostur 175 cm tu selalu masuk lima besar. Bahkan, tahun lalu, dirinya hanya mampu menjadi runner-up usai kalah dua pukulan dari Francesco Molinari yang mencetak 276 (-8) pukulan.

McIlroy pun ingin memanfaatkan momentum karena kesempatan tampil di rumah sendiri belum tentu terulang dalam waktu dekat. Apalagi, ini merupakan turnamen besar yang diikuti oleh banyak pegolf papan atas dunia. Jadi, bisa juara The Open di Royal Portrush Golf Club, akan jadi sebuah kebanggaan.

“Golf adalah olahraga yang mendapat perhatian di sini (Irlandia Utara). Saya beruntung  dibesarkan di sini karena olahraga ini begitu mudah diakses dan tak harus mengeluarkan banyak uang untuk bisa bermain. Portrush telah jadi bagian besar dalam karier saya sebagai pegolf,” kata McIlroy.

The Open kali ini bakal diikuti sebanyak 156 pegolf dari 28 negara berbeda. Sebagai satu-satunya lapangan di luar Inggris dan Skotlandia yang menjadi tuan rumah The Open, Portrush dianggap memenuhi tingkat kesulitan yang jauh lebih modern dibandingkan edisi terakhir pada 1951 silam.*MUHAMMAD RAMDAN

L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati