news
UMUM
Tradisi Bima bersama Timnas, Menyuntikkan Energi Positif
08 July 2019 11:23 WIB
berita
Pelatih timnas Indonesia U-16 Bima Sakti (dua dari kiri) memberi instruksi - TopSkor/Husni Yamin
BOGOR – Timnas Indonesia U-16 sudah menapaki persiapan tahap akhir menjelang Piala AFF U-15 2019 di Chonburi, Thailand. Pelatih Indonesia U-16 Bima Sakti Tukiman, memanggil 25 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan pemungkas ini sejak Minggu  (7/7) hingga 24 Juli mendatang di Bogor.

Menurut Bima, skuatnya berisikan para pemain terbaik dari seleksi dan pemusatan latihan yang telah digelar sebelumnya. Mantan pelatih timnas Indonesia (senior) itu berupayaka fokus menata gaya Reksa Aditya dan kawan-kawan. Adapun yang menjadi perhatiannya adalah satu kesatuan transisi positif dan negatif.




Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Boaz Solossa, Idola bagi Kawan maupun Lawan
- Jajaran Pelatih Timnas asal Korea Selatan Berikan Bantuan APD ke RS Pelni


Oleh karena itu, sebelum memasuki tahap TC awal, jadwal pertama tim di Hotel Wizh Prime, Pajajaran, Bogor, adalah menjalin kekompakan. Caranya, Bima mengajak pemain berbincang sekaligus berdiskusi. Pertemuan hangat ini diharapkan bisa meningkatkan semangat juang tim saat latihan.

“Hal biasa yang kami lakukan dalam mengawali TC akan ada pertemuan terlebih dahulu dengan tim kepelatihan untuk menginformasikan program kami dalam dua minggu ini. Setelah itu kami makan malam bersama pemain dan ada sedikit motivasi kembali yang untuk menumbuhkan semangat setiap pemain,” ujar Bima.


Baca Juga :
- Mantan Kasatlak Prima dan KSAL, Achmad Sutjipto Positif Covid-19
- Dampak Corona, Gaji Staf Pelatih Timnas Bakal Kena Penyesuaian


Menurut Bima, memberikan waktu luang bersama sebelum melakukan TC adalah hal yang penting bagi tim. Karena, setelah libur satu minggu yang tentu banyak kejadian atau tindakan yang dijalani pemain. “Hal ini tentu untuk mengembalikan kembali energi kami sebagai kesatuan tim agar lebih solid lagi,” ujarnya.

Selama masa libur, Bima membeberkan, ia memberi pekerjaan rumah bagi para pemainnya. Selain diminta menjaga kondisi fisik agar tidak kedodoran, pola makan menjadi penekanan. Dalam hemat jajaran pelatih Indonesia U-16, pemain muda kurang bisa menjaga pola makan ideal.

“Dalam pertemuan hari pertama ini juga mereka sharing mengenai kesulitan apa yang mereka jalani untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Tetapi saya rasa mereka mengenai terbiasa karena kebanyakan pemain di tim ini juga sebagai pemain di Liga 1 U-16. Terlihat kondisi mereka dalam keadaan yang baik,” ujar Bima.

Melihat kondisi pemain sangat baik, semua pemain Garuda Muda dinilai sangat siap untuk menjalani latihan pertama dalam TC terakhir ini, yang akan dilaksanakan di Stadion Pajajaran, Bogor, mulai Senin (8/7) pagi ini. Sebagai tahap awal, pemahaman taktikal jadi penekanan.

Dalam menjalani pemusatan latihan kali ini, semua pemain datang dengan tepat waktu. Hanya saja, dari 25 pemain yang terpanggil, ada satu pemain yang menyusul untuk datang pada tanggal Selasa (9/7) mendatang, yakni Mikael Alfredo Tata dari Persipura. Pemain bersangkutan saat ini sedang mengikuti timnas pelajar.* Nizar Galang Gandhimar

news
Penulis
Abdul Susila
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
news
news