news
TENIS
Federer Terkejut Unggulan Bertumbangan
06 July 2019 11:14 WIB
berita
Roger Federer
LONDON – Sejumlah unggulan terus berjuang demi bisa bertahan hingga pekan kedua Grand Slam Wimbldeon 2019. Tak terkecuali Roger Federer, Rafael Nadal, dan Kei Nishikori,  yang akan bertemu lawan masing-masing di All England Lawn Tennis and Croquet Club, London, Inggris, Sabtu (6/7).

Federer yang sejauh ini tampil apik akan memperebutkan tiket babak keempat dengan Lucas Pouille dari Prancis. Pada pertandingan terakhir, unggulan kedua tersebut menyingkirkan wakil tuan rumah, Jay Clarke, 6-1, 7-6(3), dan 6-2. Pouille melewati Gregoire Barrere, 6-1, 7-6, 6-4.




Baca Juga :
- Komentar Federer Usai Taklukkan Djokovic dan Melangkah ke Semifinal ATP Finals 2019
- Kalahkan The Djoker, Federer Melangkah ke Semifinal ATP Finals 2019


Berbicara peluang, Federer di atas kertas lebih diunggulkan daripada Pouille. Keduanya pernah satu kali berhadapan di Paris Masters, 2014, di mana Federer menang 6-4, 6-4. Petenis asal Swiss tersebut juga kandidat kuat juara karena sebelumnya sudah mengoleksi delapan gelar Wimbledon.

Namun, Federer tak ingin terlalu jauh karena fokusnya saat ini melewati pekan pertama. Pernyataan ini wajar, merujuk kandasnya Dominic Thiem, Alexander Zverev, dan Stefanos Tsitsipas. “Melihat petenis unggulan 10 besar kalah pada pekan pertama, itu sangat mengejutkan,” katanya.


Baca Juga :
- Federer: Keliling Dunia Membuat Seseorang Kehilangan Energi
- Federer Diprediksi Bakal Tertantang Torehan Nadal


“Saya tak peduli siapa lawan mereka (ketika itu) karena apa pun bisa terjadi (di lapangan). Seperti yang selalu saya katakan, pekan pertama Wimbledon sangat menguji kemampuan. Belum lagi rasa gugup yang dialami oleh banyak pemain,” petenis berjulukan FedEx itu menambahkan.

Pun demikian dengan Federer yang kesulitan di babak pertama Wimbledon. Menghadapi pemain non-unggulan asal Afrika Selatan (Afsel), Lloyd George Muirhead Harris, dirinya kehilangan set pertama sebelum menutup pertandingan dengan kemenangan 3-6, 6-1, 6-2, dan 6-2.

“Setelah babak pertama, saya berusaha lebih agresif dan hasilnya lebih baik. Meski pertandingan sempat ketat saya berhasil memenangi laga tanpa kehilangan set. Saya masih melakukan beberapa kesalahan tapi itu normal. Apalagi ketika bertanding di lapangan rumput,” ujar Federer.

Pada pertandingan lain, Nadal akan bertemu Jo Wilfried Tsonga, hari ini. Petenis asal Spanyol itu lolos ke babak ketiga usai mengalahkan Nick Kyrgios. Nadal sempat kehilangan set kedua sebelum menang 6-3, 3-6, 7-6(5), dan 7-6(3), sekaligus memperbesar rekor pertemuan jadi 4-3.  

“Ini adalah pertandingan yang menyulitkan karena Nick petenis hebat. Tapi, saya berhasil melewati tekanan yang ia berikan dan mempertahankan keunggulan saat tie break,” ujar Nadal yang kalah dari Kyrgios pada pertemuan sebelumnya di Meksiko Terbuka, 25 Februari-2 Maret lalu.

Pada babak ketiga, Nadal akan menghadapi Tsonga yang melaju usai mengalahkan wakil Lithuania, Ricardas Berankis, 7-6(4), 6-3, dan 6-3. Pertandingan ini akan jadi yang ke-13 sepanjang karier profesional mereka, di mana Nadal lebih unggul dengan mengantongi delapan kemenangan.

Namun pada satu-satunya pertemuan di lapangan rumput, Nadal harus menelan kekalahan. Tepatnya di Fever-Tree Championship, 2011. Ketika itu, Nadal menyerah 7-6, 4-6, dan 4-6. “Pertandingan lawan dia selalu sulit. Tak ada waktu bersantai sama sekali,” ujar unggulan ketiga tersebut.

Sementara itu, Nishikori akan menghadapi wakil Amerika Serikat (AS), Steve Johnson. Di atas kertas, petenis asal Jepang itu lebih diunggulkan karena dalam empat pertemuan sebelumnya, sukses sapu bersih. Laga terakhir di Indian Wells, 2016. Kala itu Nishikori menang dengan skor 7-6 (6), 7-6(5).

Hingga kemarin, Nishikori belum menemui hambatan berarti. Pada laga babak kedua, unggulan kedelapan itu mengalahkan wakil tuan rumah, Cameron Norrie, 6-4, 6-4, dan 6-0. Di sisi lain, Johnson melaju setelah menang atas Alex de Minaur dari Australia dengan skor 3-6, 7-6(4), 6-3, 3-6, dan 6-3.*MUHAMMAD RAMDAN

L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati
news
news