INFOGRAFIS: Duet Warisan Arsene Wenger Akhirnya Memberikan Satu Gelar

Oleh Irfan Sudrajat 02 August 2020 14:05 WIB

LONDON – Pada musim terakhirnya sebagai pelatih Arsenal, Arsene Wenger mewariskan dua penyerang potensial: Alexandre Lacazette dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Lacazette yang kali pertama bergabung pada Juli 2017, dari Lyon. Bintang asal Prancis ini bergabung dengan membawa predikat mesin gol.

Lacazette total mencetak 37 gol dari 45 laga di semua ajang untuk Lyon pada 2016/17, dengan 28 gol di antaranya di Ligue 1.

Sedangkan Aubameyang baru bergabung pada bursa transfer paruh musim, tepatnya Januari 2018.

Seperti Lacazette, Auba pun datang dengan status mesin gol, dengan mencetak 21 gol dari 24 laga untuk Borussia Dortmund di semua ajang.

Auba kemudian menorehkan 10 gol pada paruh musim kedua setelah bergabung ke Arsenal dari 14 pertandingan. Dengan demikian, total dia telah mencetak 31 gol antara Dortmund dan Arsenal pada musim tersebut.

Ketertarikan Wenger terhadap Aubameyang pun melihat produktivitas penyerang asal Gabon ini di musim sebelumnya (2016/17) ketika menorehkan total 40 gol di semua ajang.

Dengan kedua penyerang ini, The Gunners pun dinilai memiliki duet lini depan yang akan membuat gentar barisan bek lawan.

Dan, memang pada musim lalu duet Auba-Lacazette total memberikan 50 gol untuk Arsenal (Aubameyang 31 gol dan Lacazette 19 gol) dalam semua ajang.

Performa ini ditandai pula dengan sukses Auba menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Primer dengan 22 gol, gelar yang dibagi dengan dua bintang Liverpool, Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Meski demikian, duet Arsenal ini tidak pernah tenang karena performa timnya yang justru tidak konsisten. Musim lalu, mereka hanya di posisi kelima klasemen akhir. Sedangkan musim ini lebih parah lagi di peringkat kedelapan.

Auba dan Lacazette pun kerap diisukan akan pergi meninggalkan klub yang sejak sejak Desember lalu di bawah kepelatihan Mikel Arteta. “Situasi masa depan saya tidak ada kaitannya dengan apa yang terjadi dengan Aubameyang,” kata Lacazette.

Aubameyang dalam bidikan sejumlah klub besar, sementara dia menginginkan perbaikan nilai kontrak. Meski demikian, gelar Piala FA yang baru diraih diyakini akan membuat keduanya mempertimbangkan untuk tetap bersama The Gunners.

Kini, Arsenal dapat merengkuh trofi Piala FA dan semua itu karena perjalanan duet lini depan mereka ini. Jika keduanya tetap bertahan, mereka masih mungkin untuk membentuk duet produktif yang akan membawa Arsenal berpotensi meraih gelar yang lebih besar.*

Berita Terkait