Kasihan Lazio, Finis Keempat tapi Jatah Liga Champions Bisa Diambil Roma-Napoli, Ini Sebabnya

Oleh Dedhi Purnomo 02 August 2020 09:41 WIB

ROMA – Laga terakhir atau laga pekan ke-38 Seri A 2019/20 sudah tak berarti apa-apa bagi SS Lazio. Menang atau kalah, Lazio akan tetap finis di posisi keempat. Dan, saat bertandang ke Stadion Olimpico milik SSC Napoli, Lazio pun ditekuk 1-3. Finis keempat berarti Lazio berhak atas jatah tiket ke ajang Liga Champions 2019/20.

Lazio jangan senang dulu! Ada situasi yang membuat mereka bisa gigit jari dan hanya jadi penonton di Liga Champions 2019/20. Penyebabnya adalah AS Roma dan Napoli yang masih berkiprah di kompetisi Eropa, Liga Europa dan Liga Champions. Jika Roma dan Napoli juara di dua turnamen itu, maka Lazio harus minggir.

Soalnya, Italia dapat jatah maksimal ke Liga Champions sebanyak lima tim. Juara hingga peringkat ketiga berangkat lalu Roma dan Napoli jika juara di Eropa. Sekali lagi, jika Roma dan Napoli juara di kompetisi Eropa. Bicara peluang, apa pun bisa terjadi di turnamen level Eropa itu.

Napoli masih harus bertemu FC Barcelona di laga kedua babak 16 besar. Di mana, laga pertama hasilnya 1-1 yang artinya Napoli tetap punya peluang lolos ke perempat final. Sedangkan Roma harus melawan Sevilla di babak 16 besar Liga Europa dalam format satu laga.

Roma pun tetap berpeluang lolos ke babak perempat final. Bahkan, peluang Roma jadi juara Liga Europa terbilang lumayan mengingat lawan yang relatif cukup setara dengan mereka. Meski demikian, Lazio tak perlu bersedih sejak sekarang. Karena, jika Roma juara Liga Europa dan Napoli gagal di Liga Champions, Lazio tetap lolos kok.

Pokoknya, Lazio hanya bisa batal ke Liga Champions jika Roma dan Napoli jadi juara di level Eropa musim ini. Jika hanya salah satunya saja, Lazio tetap tampil ke Liga Champions 2020/21.*

Berita Terkait