Emerick Aubameyang Ikuti Jejak Didier Drogba, Cetak Gol dalam Final Piala FA

Oleh Irfan Sudrajat 02 August 2020 09:36 WIB

LONDON – Pierre-Emerick Aubameyang masuk dalam daftar pemain asal Afrika yang berhasil meraih gelar Piala FA dalam sepak bola Inggris.

Penyerang Arsenal ini memang menjadi kunci sukses timnya saat mengalahkan Chelsea dalam final Piala FA yang digelar di Stadion Wembley, tadi malam.

Dalam laga tersebut, pemain timnas Gabon ini mencetak dua gol, satu di antaranya lewat penalti. Kini, namanya tercatat sebagai pemain dari Benua Hitam yang memang memiliki tradisi kuat di kompetisi tertua sepak bola Inggris ini.

Ya, jika ukurannya adalah Piala FA, pemain asal Afrika memang punya catatan khusus. Aubameyang mengikuti jejak Didier Drogba yang mampu mencetak gol di final.

Namun, tentu, pencapaian Drogba bersama Chelsea untuk kategori gol di final jauh lebih mentereng. Drogba memegang rekor gol dalam setiap final yang dimainkannya sekaligus membawa The Blues meraih gelar di ajang ini.

Total empat kali Drogba tampil dalam final dan mencetak gol di setiap final tersebut. Legenda hidup sepak bola Pantai Gading ini mencetak masing-masing satu gol pada final 2007, 2009, 2010, dan 2012.

Dengan demikian pula, Drogba termasuk pemain yang paling banyak meraih gelar Piala FA (empat kali). Pemain asal Afrika lainnya yang setara dengan Drogba dalam koleksi gelar Piala FA juga berasal dari Chelsea.

Mereka adalah Michael Essien (Ghana), Salomon Kalou (Pantai Gading), dan John Obi Mikel(Nigeria) . Sedangkan untuk kategori kiper, sosok Bruce Grobelaar (Afrika Selatan) yang terbanyak dengan meraih tiga kali gelar Piala FA saat bermain di Liverpool.

Bersama Grobelaar, ada Nwankwo Kanu (Nigeria) yang juga meraih tiga trofi Piala FA. Kanu meraihnya bersama Arsenal (2001/02 dan 2002/03 dan Portsmouth (2007/08).

Dari Kamerun ada sosok Lauren yang bermain di Arsenal pada 2000 hingga 2007. Lauren membawa The Gunners juara Piala FA tiga kali pula pada 2001/02, 2002/03, dan 2004/05.*

Berita Terkait