Kiper Bali United Ini Bicara Soal Posisi Kiper Utama Timnas Indonesia

Oleh Rizki Haerullah 02 August 2020 09:25 WIB

KIPER Bali United Nadeo Argawinata menjadi salah satu dari empat penjaga gawang yang dipanggil Shin Taeyong untuk mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia.

Nadeo bertekad merebut posisi utama untuk pos penjaga gawang atau kiper timnas Indonesia.

Melihat peta persaingan untuk sektor kiper, eks-pemain Borneo FC itu optimistis bisa menjadi pilihan utama meski bukan perkara mudah.

Jika Nadeo nantinya mendapat kepercayaan tampil, ia berjanji akan membayar lunas kepercayaan yang diberikan Shin Taeyong.

"Ya, kalau saya sih merasa optimistis saja jika mendapat kepercayaan untuk bermain (bersama timnas Indonesia)," kata Nadeo Argawinata.

"Untuk menjadi kiper utama, yang pasti saya siap untuk menunjukkan kemampuan 100 persen," Nadeo menambahkan pada Sabtu (1/8/2020).

Dalam pemusatan latihan timnas Indonesia periode Juli-Agustus 2020, Shin Tae-yong memanggil empat nama pemain untuk sektor penjaga gawang.

Kiper tersebut adalah Nadeo Argawinata (Bali United), Rivky Mokodompit (Persebaya), Muhammad Riyandi (Barito Putera), dan Miswar Saputra (PSM Makassar).

Dari keempat pemain itu, nama yang disebut terakhir merupakan wajah baru atau debutan dalam pemusatan latihan timnas Indonesia.

Adapun menit main timnas Indonesia, keempatnya sama-sama nol caps. Artinya, tiga pemain, kecuali, Miswar, hanya pernah membela timnas kategori usia.

Sementara itu, pemusatan latihan kali ini merupakan bagian dari persiapan menuju pertandingan Pra-Piala Dunia 2022 zona Asia pada Oktober 2020.

Dua lawan terdekat yang akan dihadapi timnas Indonesia adalah Thailand di Bangkok dan Uni Emirat Arab di Indonesia (antara Jakarta dan Bali).

Laga melawan Thailand bakal menjadi debut Shin Taeyong sebagai juru latih skuad Garuda Merah-Putih, julukan timnas Indonesia.

Meski sudah ditunjuk menjadi pelatih timnas Indonesia sejak 24 Desember 2019, Shin belum melakoni debut karena tak ada pertandingan internasional.

Sedangkan peluang timnas Indonesia melaju ke fase ketiga Pra Piala Dunia 2022 zona Asia sudah tertutup karena tak pernah menang dalam lima laga sebelumnya.*ADIF SETIYOKO/04

Berita Terkait